Kepsek SMPN 1 Pugung Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas Tahun 2023 

Tanggamus-koranlibasnews.com Kepala Sekolah SMPN1 Pugung Yola Komala Dewi S.Pd , memimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 bertempat di halaman Sekolah SMPN1 Pugung Selasa 2 mei 2023 pagi.

Upacara tersebut diikuti penuh khidmat oleh para peserta, terdiri dari para Guru ,Dewan Guru, Komite dan Pelajar sekolah SMP Negeri 1 Pugung untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional atau disingkat Hardiknas yang diperingati setiap tanggal 2 Mei.

Bacaan Lainnya

Perlu diketahui bahwa penetapan Hardiknas tak bisa dilepaskan dari sosok Ki Hajar Dewantara.

Tanggal 2 Mei yang kini dirayakan sebagai Hardiknas juga berdasarkan hari kelahiran sang Bapak Pendidikan Indonesia tersebut.

Ada tiga semboyan yang melekat erat dengan dunia pendidikan yang diciptakan beliau, yaitu:

• Ing ngarso sung tulodho: di depan memberi teladan

• Ing madyo mangun karso: di tengah memberi bimbingan

• Tut wuri handayani: di belakang memberi dorongan

Upacara tersebut diikuti penuh khidmat oleh para peserta, terdiri dari perwakilan Guru dan Pelajar sekolah

Terlihat bertindak selaku Inspektur Upacara, Kepsek Yola Komala Dewi.S.Pd pada kesempatan ini menyampaikan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek RI) Nadiem Anwar Makarim.

Diungkapkan bahwa, transfomasi besar telah dilakukan dengan adanya Kurikulum Merdeka, yang semakin mendekatkan pada cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantoro, yakni pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik.

Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang, karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri,” ungkapnya.

BACA JUGA  Kuasa Hukum Warga Desa Karang Sari Lakukan Langkah Upaya Hukum Dalam Membela klien.

“Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar.

Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku, sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka,” lanjut Mendikbud seperti disampaikan Yola Komala Dewi

Hardiknas ini pun diharapkan menjadi momentum refleksi untuk memastikan keberlangsungan Kurikulum Merdeka.

“Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan, guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan Merdeka Belajar,” ucap Mendikbud melalui Yola Komala Dewi

Selaras dengan tema peringatan Hardiknas tahun ini “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”, Mendikbud pun mengajak semua pihak untuk terus mendukung Kurikulum Merdeka.

“Mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan tutup Kepsek.

Usai upacara dilanjut halal bihalal oleh  Kepala SMPN1 Pugung Yola Komala Dewi.S.Pd dengan mengucapkan Minal Iadzin Wal Faidin Mohon Maaf Lahir dan Batin kepada seluruh keluarga besar SMPN 1 Pugung

Momen Hari Raya Idul Fitri diharapkan menjadikan refleksi bagi seluruh siswa dan guru dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di masyarakat.”

Penulis : Yus Libas

Editor : Redaksi

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *