KADES NAMPAR SEPANG DENGAN KONSEP DESA MEMBANGUN KOTA

Manggarai Timur, libasnews.com – Pembangunan desa sedang digencarkan oleh pemerintah melalui kucuran dana segar ke setiap desa.

Bantuan pemerintah berupa Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dimanfaatkan dengan baik oleh ALI WARDANA .S.ip ,selaku Kepala Desa Nampar Sepang, Kecamatan , kabupaten Manggarai timur Provinsi Nusa tenggara timur.

Bacaan Lainnya

Baginya, membangun desa Nampar sempang harus dilakukan secara merata, bahkan hingga ke ujung desa.

ketika di mintai keterangan awak Media Libas News mengenai KONSEP DESA MEMBANGUN KOTA , ALI WARDANA ,S.ip mengatakan bekerja sambil belajar tentang arsitek pembangunan.

Ilmu inilah yang menjadi bekal saya menjadi Kades nampar sempang untuk menggenjot pembangunan di desa.

Namun sebelum melakukan pembangunan secara fisik, pihaknya terlebih dahulu membangun kesadaran masyarakat agar merasa memiliki dan ikut berperan dalam pembangunan desa.

Tidak mungkin memajukan pemerintahan desa seorang diri ,peran masyarakat sangat penting. Perlu ada sinergi dan rasa kepemilikan.

Bukan semata-mata sekadar memiliki, tapi juga ikut membangun dan menjaga desa,” katanya kepada awak Media Libas News.

Meski baru beberapa tahun menjabat sebagai Kepala Desa nampar sempang , ALI WARDANA,Sip sudah mampu melakukan perubahan, khususnya di bidang pembangunan infrastruktur.

Salah satunya di dusun kenko biang yang sudah di kerjakan beberapa hari yang lalu volume jalan rabat beton 259 meter yang di kelola menggunakan dari dana desa tahun 2017.

Meski begitu, dengan pembangunan infrastruktur yang masif, tidak hanya di jalan desa maupun jalan lingkungan , namun jalan antar dusun juga bisa dilewati dengan mudah,”Saya harus punya target setiap tahunnya.

BACA JUGA  HIMNAS MAKASAR GELAR STANDARISASI PENGKADERAN

Tahun ini saya fokus pada pembentukan struktur kepemudaan dan pelatihan usaha untuk masyarakat.

Sehingga masyarakat bisa mandiri dan meningkatkan perekonomian lokal.
Saya siap membantu dan memperjuangkan segala kebutuhan yang dibutuhkan asal tujuannya untuk pemberdayaan masyarakat,” terang ALI WARDANA .S.ip, sabtu 24-03-2018.

Guna memenuhi kebutuhan masyarakat di Desa nampar sempang, Kades yang senang bergaul ini tidak hanya mengandalkan DD dan ADD semata.

Menurutnya, Desa nampar sempang terlalu luas untuk dijangkau jika hanya mengandalkan DD dan ADD.

untuk menyiasatinya, ALI WARDANA .Sip, harus berjuang hingga ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa tenggara timur untuk bisa mendapatkan tambahan dana.

Pesatnya pembangunan Desa nampar sempang diamini oleh salah satu tokoh pemuda desa nampar sempang .

Awalnya ia tidak menyangka ALI WARDANA .Sip bisa melakukan pembangunan desa dengan konsep DESA MEMBANGUN KOTA .

salah satu tokoh pemuda desa nampar sempang ketika di mintai awak Media Libas News tanggapan mengenai konsep DESA MEMBANGUN KOTA pada mulanya pesimis karena ALI WARDANA .Sip masih muda saat menjadi kepala desa.

Namun pada akhirnya ia mengakui dan mengapresiasi kinerja kepala desanya.
”Saya tidak menyangka bisa secepat ini membangun desa Nampar sempang dengan nyaman dan aman.
Sehingga bisa mengaplikasikan pengetahuan pembangunannya untuk desa ini, yang bisa dinikmati masyarakat luas. pungkasnya (Kartono)

banner 728x120

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar

  1. Mari Berdesa pak….asas pembangun Desa adalah “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT” Yg Sangat Perlu kita Perhatikan kedepan lebih khusus nya bagi para pemimpin di Tingkat Pemetintahan Desa adalah ” harus dapat memanfaatkan POTENSI-POTENSI yg ada di masing-mading wilayah kerja para Kepala Desa yg sesuai dgn Tupografi nya.