MONITORING PELAKSANAAN BUMdes KEPALA DESA PASAR IPUH DI ACUNGI JEMPOL

Padang Lawas-Koranlibasnews.com Tim monitoring yang terdiri dari Dinas PMD dan Pemrrintahan Kecamatan serta Tenaga Ahli Pendamping Kabupaten Melakasanakan monitoring pelaksanaan BUMdes Di 12 Kecamatan se kabupaten Padang Lawas, salah satunya Desa Pasar Ipuh, Rabu 3 Juli 2019.

Pelaksanaan monitoring tersebut untuk meninjau langsung keberadaan BUMdes dan tata pelaksanaannya apakah sudah sesuai prosedur standard pendirian BUMdes.

Bacaan Lainnya

Libasimg-20190703-wa0023Bintang Makmur adalah BUMdes pertama dan sata satunya BUMdes di kecamatan Ulu Barumun yang bersumber dari Dana Desa Pasar Ipuh tahun anggaran 2018 dan direalisasikan tahun 2019 ke rekening BUMdes. Yang di usulkan Kepala Desa Pasar Ipuh Ahmad muda Hasibuan.

Penyertaan modal yang disalurkan lebih kurang 80 juta rupiah untuk mendirikan Bangunan, pembelian Mesin Produksi, peralatan ,Bahan baku, dan biaya operasional lainnya. Bintang Makmur bergerak dalam bidang Pruduksi Pakan Ternak,(ayam,ikan,dan sapi). Dan saat ini BUMdes Bintang Makmur memiliki saldo rekening Bank, diatas 10 juta Rupiah.

Ahmad Rifai Rangkuti sebagai Pendamping Kabupaten yang melaksankam monitoring terhadap BUMdes Bintang Makmur Desa Pasar Ipuh menjelaskan, ” BUMdes ini mulai tes operasi Mei 2019, dan seterusnya akan di aktifkan hingga nantinya bisa menjadi contoh buat Desa yang lain khususnya di Ulu Barumun.”jelasnya
Dia juga menambahkan “kita merasa bangga Bapak Kepala Desa mau memikirkan kemajuan Desa denagan mengalokasikan Dana untuk BUMdes yang bertujuan Desa Pasar Ipuh nantinya memiliki PAdes yang tetap”.ungkapnya.

Tenaga Ahli(TA)khusus BUMdes Heru menerangkan BUMdes Bintang Makmur

secara peraturan pembentukan BUMdes sudah sangat baik namun walau pun seperti itu Mangement juga harus lebih meningkatkan sistem Administrasinya agar laporan keuangan BUMdes nantinya lebih mudah di analisa dan di mengerti, kita berharap nantinya BUMdes BintangMakmur Desa Pasar ipuh yang bergerak di bidang Pengolahan Pakan Ternak ini dapat meningkatkan Aset dan PendapatanAsli Desa (PAdes).”terangnnya.Dia juga menjelaskan..

BACA JUGA  3 POIN POINT PENTING HASIL RAKERKAB KARANG TARUNA KABUPATEN PADANG LAWAS

“BUMdes Bintang Makmur kelak bisa kita jadikan sebagai Pelopor kebanggaan Padang Lawas Bercahaya”.pungkasnya.

Penulis : Leo Libas

Editor   : Fikri

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *