Ratusan Hektar Sawah di Desa Dungingis Terselamatkan, Bupati Tolitoli Buka Pintu Air Irigasi Dusun Balumbung

TOLITOLI-koranlibasnews.com Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tolitoli Ir. R. Fadjar Suko Syuhadha, MT, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Tolitoli Ellyah Himmawati Permatasari Sagala, SP, dan Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Tolitoli Najaruddin Lanta, SH,. MBA, serta Camat Dakopemean Arham A. Jacub, SH menghadiri sekaligus membuka secara resmi Pintu Air Bendungan Daerah Irigasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kecamatan Dakopemean di Desa Dungingis, Sabtu 3-12-2022.

Sambutan Camat Dakopemean mengatakan pasca peristiwa bencana alam di Desa Galumpang dan Desa Dungingis mengakibatkan salah satu irigasi yang berada di Dusun Balumbung Desa Dungingis mengalami kerusakan sehingga sekitar 400 Hektar sawah di kedua Desa tersebut tidak dapat beroperasi.

Bacaan Lainnya

“Berbagai upaya telah kami lakukan salah satu yaitu kami mengadakan rapat yang dipimpin oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tolitoli dan didapatkan q kesepakatan bahwa Dinas PUPR Kabupaten Tolitoli akan mengerjakan perbaikan irigasi tersebut dan kami Pemerintah Kecamatan Dakopemean melakukan pembebasan lahan untuk jalur irigasi tersebut, Alhamdulillah masyarakat pemilik lahan memberikan tanah pribadi mereka dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk sementara ini, untuk jalur irigasi kami menggunakan terpal sepanjang 200 meter untuk mengejar masa panen padi Maret-Oktober 2023″ jelasnya.

Bupati Tolitoli dalam sambutannya mengatakan hari ini saya didampingi oleh 3 Kepala OPD Kabupaten Tolitoli yang berkaitan langsung dengan permasalahan kita saat ini yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tolitoli yang salah satu tugasnya adalah membangun irigasi ini agar terus beroperasi, dan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Tolitoli yang salah satu tugasnya adalah menjadikan hasil pertanian yang unggul, serta Badan Keuangan Daerah Kabupaten Tolitoli yang salah satu tugasnya yaitu menyediakan anggaran untuk pembangunan irigasi serta anggaran untuk pertanian.

BACA JUGA  Bupati Tolitoli Berikan Bantuan Modal Usaha dan Peralatan Dan Wujudkan Program Gerakan 1000 UMKM

Dengan adanya bencana yang terjadi kemarin dan laporan masyarakat tani mengenai tidak beroprasinya pertanian di Kecamatan Dakopemean karena saluran irigasi mengalami kerusakan, sehingga saya memyampaikan kepada Dinas PUPR dan BPBD Kabupaten Tolitoli agar segera menyelesaikan permasalahan yang terjadi, agar pertanian di Kecamatan Dakopemean segera berjalan demi kesejahteraan masyarakat Kecamatan Dakopemean. Sehingga pada saat ini, irigasi telah di benahi dengan sumber daya yang tersedia dan insyaallah tahun 2023 irigasi ini dapat kita benahi sepenuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, seorang warga desa setempat menyatalan rasa syukurnya dengan wajah tersenyum,”Terima kasih pak Bupati,” ucapnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Tolitoli, Sekretaris Kecamatan Dakopemean, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Dakopemean, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Dakopemean, para Kepala Desa se-Kecamatan Dakopemean, para anggota BPD Dungingis dan anggota BPD Galumpang, serta para masyarakat Desa Dungingis dan Desa Galumpang.

Sumber : Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli

banner 728x120

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.