Menjalin Siraturahim Sekolompok Ormas dan Lembaga Keagamaan Propinsi DKI Jakarta Gelar Acara Buka Puasa Bersama Di PWNU Jakarta

Jakarta-Koranlibasnews.com Sekelompok organisasi masyarakat (Ormas) dan lembaga keagamaan di wilayah DKI Jakarta menggelar acara buka puasa bersama. Dalam agenda tersebut, semuanya sepakat untuk membuat komitmen menjaga kedaulatan Pancasila/NKRI.

Acara ini digelar di Gedung PWNU DKI Jakarta, Jalan Utan Kayu, Matraman, Jakarta Timur, Senin (13/5/2019). Dalam acara tersebut hadir para pimpinan dari sejumlah ormas dan lembaga keagamaan. Agenda ini mendapat dukungan dari PWNU DKI Jakarta, PW Muhammadiyah Jakarta, Forum Betawi Rempug (FBR), DPD FPI DKI Jakarta, Lembaga Persaudaraan Ormas Islam (LPOI) DKI Jakarta, JIC, DMI Jakarta, KODI Jakarta, PW Persis DKI Jakarta, PW Al Washliyah DKI Jakarta, Pengurus Wilayah Syarikat Islam DKI Jakarta, Bamus Betawi.

Bacaan Lainnya

Selain itu juga dari Majelis Rasulullah, Syamsi Syumus, Laskar Betawi, Pemuda Pancasila DKI Jakarta, Bamus Betawi, Pw Persis DKI Jakarta, Forkabi, PMD Laskar Merah Putih DKI Jakarta, Darul Hasyimi, Al- Muwasholah, Singa Timur, Bang Japar. Lalu dari MATAKIN DKI Jakarta, FK Ulum DKI Jakarta, FSTM Jakarta, Format Fatahillah, PGIW DKI Jakarta, DPD KNPI DKI Jakarta, serta Himpunan Bina Muallaf Indonesia.

Wasekjen PWNU DKI Jakarta Husny Mubarok Amir mengatakan, acara ini diinisiasi oleh PWNU DKI Jakarta. Mereka berharap bulan Ramadhan ini jadi momentum silaturahmi lintas ormas dan lembaga keagamaan khususnya di wilayah DKI Jakarta. “Karena kita ingin pasca pilpres ini suasana Jakarta tetap kondusif, tetap aman, tetap sejuk, tetap damai. Maka kemudian kita bersepakat untuk meneguhkan kembali komitmen kebangsaan dan komitmen keagamaan.

BACA JUGA  Polres Lamsel Cegah "Benturan" Antara Masa Desa Karang Sari Dan Ormas GML terkait Lahan Yang Masih "Sengketa"

Komitmen kebangsaan itu kita tetap menjaga kedaulatan NKRI, menjaga Pancasila, menjaga Undang-Undang Dasar 45, dan tentunya menjaga kebhinnekaan yang selama ini kita pahami dan kita miliki bersama,” ujarnya. “Nah terkait komitmen keagamaan, kita ini umat Islam yang mayoritas di Indonesia.

Kita juga terkenal memiliki budaya timur yang santun, damai. Ini selaras dengan perjuangan Rasulullah, dengan perjuangan Islam, yang Islam sebagai agama rahmatan lil alamin, untuk semua bukan hanya untuk kalangan Islam sendiri. Tapi untuk seluruh makhluk bahkan.

Karena komitmen itulah, kita mengajak saudara-saudara kita, pimpinan-pimpinan ormas, tokoh ormas, habaib, ulama, yang kemarin pada Pilpres itu ada di 01 maupun di 02, kita bersama-sama berkomitmen menjaga Jakarta,” sambung Husny Mubarok.

Ketua Tanfizi FPI DKI Jakarta KH Abdul Majid dalam sambutannya mengapresiasi PWNU DKI Jakarta.Kalau kita simak dengan tema ‘Merajut Kembali Tenunan Rasa Kebangsaan Kita’, kalau kita simak dengan teliti berarti tenunan rasa kebangsaan kita ada yang robek. Apakah robek dengan sendirinya atau ada yang merobek? Kembali kepada kita masing-masing,” kata KH Abdul Majid acara ditutup dengan tausiah dan deklarasi perdamaian yang dibacakan oleh beberapa pimpinan ormas yang hadir adapun isi dari deklarasi tersebut diantaranya adalah.

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM FORUM SILATURAHIM ORMAS DAN LEMBAGA KEAGAMAAN PROVINSI DKI JAKARTA, BERKOMITMEN UNTUK:

1.Meneguhkan kembali komitmen keagamaan dan komitmen kebangsaan serta merajut dan merawat kembali Ukhuwah Islamlyah, Ukhuwah Wathoniyah dan Ukhuwah insaniyyah.

2.Menjaga dan ikut bertanggung jawab terciptanya suasana yang aman, sejuk dan damai di ibu kota Jakarta pasca-Pileg dan Pilpres 2019 dengan jujur dan adil.

3. Berkontribusi secara aktif dan partisipatif dalam membangun masyarakat Jakarta yang toleran, sebagai bagian penting dalam pembangunan Indonesia.

BACA JUGA  Bamsoet: Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi Tantangan Terbesar Dunia Pendidikan

4. Menggerakkan kesadaran sejarah bangsa Indonesia tentang peran penting pembangunan jati diri bangsa dan membangun serta menjaga kedaulatan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan Undang-Undang Dasar 1945.

5. Membangkitkan kesadaran intelektual, kesadaran emosional dan kesadaran spiritual masyarakat Jakarta dalam memenangkan persaingan global dan mengkonstruk peradaban Indonesia dan dunia yang rahmatanlilalamiin.

Jakarta, 13 Mei 2019 Atas nama PWNU DKI Jakarta, PW Muhammadiyah Jakarta, Forum Betawi Rempug, DPD FPI DKI Jakarta, Lembaga Persaudaraan Ormas Islam (LPOI) DKI Jakarta, JIC, DMI Jakarta, KODI Jakarta, PW Persis DKI Jakarta, PW Al Washliyah DKI Jakarta, Pengurus Wilayah Syarikat Islam DKI Jakarta, Majelis Rasulullah, Syamsi Syumus, Laskar Betawi, Pemuda Pancasila DKI Jakarta, Bamus Betawi, Pw Persis DKI Jakarta, Forkabi, PMD Laskar Merah Putih DKI Jakarta, Darul Hasyimi, Al- Muwasholah, Singa Timur, Bang Japar, MATAKIN DKI Jakarta, FK Ulum DKI Jakarta, FSTM Jakarta, Format Fatahillah, PGIW DKI Jakarta, DPD KNPI DKI Jakarta, Himpunan Bina Muallaf Indonesia.

Harapan dengan bersatunya Ormas ormas yang ada membuat NKRI bisa bangkit kembali Jaya dan menjadi contoh bagi Ormas ormas yang lainya.

Penulis : Syarif Libas

Editor   : Fikri

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *