Tanpa Papan Nama, Diduga Proyek Siluman Untuk Bohongi Masyarakat

Karawang-koranlibasnews.com Pekerjaan proyek pembangunan TPT ( Tembok Penahan Tanah ) yakni KALEN SALAMAH yang berada di Desa Muara Baru Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang mulai disoroti oleh warga setempat.

Pasalnya,proyek tersebut masuk kategori BBWS OP ,kuat dugaan Pekerjaan proyek yang sudah berjalan hampir beberapa minggu ini tanpa papan nama proyek.

Bacaan Lainnya

Secara kasat mata, pengerjaan proyek tersebut, sangat memprihatinkan. Faktanya, belum lama ini, nampak pada pelaksanaan pekerjaannya, campuran antara semen dengan pasir, diaduk secara manual, beserta kualitas pemasangan yang sangat memprihatinkan.

Selain itu, pemasangan batu tidak didahului dengan pondasi, melainkan langsung diatas tanah.

Hal itu kemudian mendapat sorotan dari warga Desa Muara Baru bahwa proyek yang dibangun pemerintah dinilai proyek siluman, sebab sama sekali tidak terpasang papan nama informasi proyeknya saat melaksanakan kegiatan pekerjaan.

Proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan nama itu indikasinya sebagai trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggaran tegas salah satu warga pada Awak Media Pemburu Kasus rabu 08/06/2022.

Semestinya pihak pemborong atau kontraktor harusnya memberikan surat pemberitahuan kepada pihak Pemerintah Desa, kalau ada masyarakat bertanya ini proyek apa?,ungkap warga Desa Muara Baru yang minta tidak disebutkan namanya.

Dia sangat menyayangkan seperti pengawas lapangan memonitoring dan harusnya menegur rekanan agar memasang papan informasi proyek saat di mulai pekerjaan.

Menurutnya, sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.

BACA JUGA  BUPATI KARAWANG : "SAYA AKAN MENGADOPSI CALISTA"

Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan,ungkap warga yang mengetahui betul tentang proyek itu.

Menurut pekerja kasar bangunan jalan saat di wawancari mengatakan bahwa kami tidak tau mengenai anggaran, tapi kami di perintahkan untuk kerja saja, kami hanya di bayar upah harian saja, ucap pekerja.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan belum juga ada papan nama proyek,Dan Diketahui yakni CV.GUNUNG TUA pemenang tender nya.

Penulis : Uta Libas

Editor : Redaksi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.