Tiga Pilar Bersama KPU dan Bawaslu Lakukan Sosialisasi Pilkada 2024

Kodam Jaya, Kota Bekasi – Dalam upaya untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses demokrasi, TNI, Polri, Pemkot Bekasi bersama KPU dan Bawaslu telah mempersiapkan diri untuk berperan aktif dalam mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu), Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di Kota Bekasi.

Peran aktif tersebut di lakukan Kodim 0507/Bekasi dengan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pilkada Serentak 2024 dengan tema “Pilkada Damai menjaga keutuhan NKRI”, pada Kamis (29/8/2024) di Aula Makodim 0507/Bekasi, Jalan Veteran no.60, Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Adapun penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi tersebut merupakan langkah penting untuk mendukung kestabilan politik dan perkembangan demokrasi di tingkat daerah khususnya Kota Bekasi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait B.S, M.MDS (Dandim 0507/Bks), Kolonel Mar Deka (Kabinda Bekasi/Karawang), Akp Puji (Wakasat Binmas Polres Metro Bekasi Kota), Kapten Inf Barasa (Danunit Inteldim 0507 Bks), Kapten Inf Ujang (Paurlat Ops Dim 0507/Bks), H. Abd. Manan (Ketua FKUB Kota Bekasi), Zahrul Hadi Prabowo (Ketua PD Muhamadiyah Kota Bekasi), KH. Mir’an Syamsuri (Ketua MUI Kota Bekasi), Ibu Vidya Nurul Fathia dan Bapak Faiz (Komisioner KPU Kota Bekasi) dengan perwakilan ormas Kota Bekasi serta para Danramil/Wadanramil dan perwakilan Babinsa di jajaran Kodim 0507/Bekasi.

Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait B.S, M.MDS menjelaskan bahwa TNI-Polri telah berkomitmen untuk menjaga netralitas dalam proses politik, sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang.

“Disisi lain, TNI-Polri dalam hal ini Kodim 0507/Bekasi dan Polres Metro Bekasi Kota juga memahami bahwa kami memiliki peran strategis dalam menjaga keamanan selama proses pilkada serentak 2024,” ucapnya.

“Kami selalu berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu, untuk memastikan proses ini berjalan dengan baik,” ujar Kolonel Arm Rico Ricardo.

BACA JUGA  Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H Tingkat Kab. Sergai

Salah satu upaya konkret untuk menjadikan Pilkada serentak aman dan damai, Kodim 0507/Bekasi terus memberikan sosialisasi Netralitas TNI kepada seluruh anggota Babinsa Koramil jajaran Kodim 0507/Bks. Selain itu para Babinsa bersama para PPK Kecamatan juga turut melakukan sosialisasi kepada warga di wilayah binaan, terkait tentang tahapan-tahapan penting dalam Pilkada dengan harapan dapat meningkatkan partisipasi dan pemahaman masyarakat tentang proses demokrasi dan hak suara mereka.

“Pilkada serentak 2024 adalah tonggak penting dalam proses demokrasi khususnya di Kota Bekasi, maka peran aktif TNI-Polri dan Pemkot Bekasi dalam mensukseskannya merupakan contoh nyata dari keterlibatan positif dalam pembangunan bangsa,” tutup Dandim.

Dalam kesempatan tersebut, turut diberikan penjelasan oleh pihak KPU, Bawaslu dan Polres Metro Bekasi Kota. Adapun penyampaian yang di sampaikan oleh pihak KPU terkait proses pendafataran para Bacalon Kepala Daerah dengan batas akhir hari ini tanggal 29 Agustus 2024, untuk penyampaian dari pihak Bawaslu ialah terkait proses penggunaan suara dan hasil penghitungan suara di Pilkada serentak, dan penyampaian terakhir dari Polres Metro Bekasi Kota ialah terkait cara bijak dalam menggunakan media sosial untuk menuju Pilkada Damai. (Red)

Sumber Kodim 0507/Bekasi

LIBAS GROUPbanner 728x120

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *