Puskesmas Rantau Tijang Dukung Program Aksi 55 Bupati Tanggamus Dengan Membuka Pelayanan Persalinan  

Tanggamus-koranlibasnews.com Peningka­tan pelayanan Puskesmas Rantau Tijang berupa penambahan layanan persalinan me­rupakan program inovasi aksi 55 menj­awab keb­utuhan dan harapan masyar­akat dalam mengakses layanan kesehatan.

Kepala UPTD Puskesmas Rantau Tijang Vera Lesmana ketika dimintai keterangan Awak Media Libas News Rabu 07/09/2022 mengatakan, adanya layanan mampu bersalin sebagai upaya menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Balita (AKB) dengan mendekatkan pelayanan seperti Pustu maupun rumah para Kader posyandu untuk ruang persalinan dan ruang nifas .

Bacaan Lainnya

“Kita sepakat bersama bidan se Puskesmas Rantau Tijang ayo kita tambah pelayanan persalinan,terang Vera Lesmana.

Vera Lesmana menambahkan Sesuai Permenkes 97 tahun 2019, lanjutnya persalinan harus dilaksanakan di fasilitas kesehatan dengan tujuan AKB maupun AKI dapat ditekan seminimal mungkin.

“Standar pertolongan persalinan kami ada semuanya, tenaga kompeten yang sudah mengikuti, fasilitas obat-obat an, incubator bayi, tempat tidur dan sedikit kekurangan masih ada akan kami lengkapi bertahap,” tambah Vera Lemana.

di tempat terpisah salah satu tokoh masyarakat Pugung mengapresiasi program inovasi AKSI 55 Bupati Tanggamus dengan mampu persalinan  di Puskesmas Rantau Tijang untuk mendekatkan pelayanan persalinan agar tidak terlalu jauh, dan tetap sesuai standar pelayanan yang aman.

Juga diharapkan dengan program inovasi aksi 55 ini dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah Puskesmas Rantau Tijang imbuh tokoh masyarakat.

Sementara itu, pelayanan puskesmas Rantau Tijang mampu persalinan dilengkapi dengan edukasi inisiasi menyusui dini, skrining hipotiroid kongenital yaitu skrining potensial bayi mengalami stunting atau tidak, pelatihan memandikan bayi bagi ibu dan ayah, konseling gizi, konseling menyusui serta antar jemput ambulans gratis.

BACA JUGA  Bupati Tanggamus Hadiri Rapat Koordinasi Karang Taruna Se-provinsi Lampung Dan Halal Bihalal

Penulis : Azvi Libas

Sumber : Puskesmas Ranti

Editor    : Redaksi

LIBAS GROUPbanner 728x120

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *