Panwascam Ciasem Gandeng Muspika Sukseskan Pilkada Serentak 2024

Subang-koranlibasnews.com Jelang pelaksanaan Pemilihan Serentak tahun 2024, Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan Ciasem menggelar Pelatihan dan Penguatan Kapasitas Aparatur Pengawas Pemilu dan Kesekretariatan Dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024 bertempat di Aula Desa Ciasem Girang Sabtu 31/08/2024.

Dalam sambutannya, Ketua Panwascam Ciasem Yudi Purnomo mengungkapkan bahwa pentingnya dilaksanakan kegiatan ini, dengan tujuan sebagai bekal dalam proses menjalankan tugas-tugas pengawasan bagi Para PKD se-Kecamatan Ciasem.

Bacaan Lainnya

Guna menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Pilkada serentak 27 November 2024 mendatang khususnya di wilayah Kecamatan Ciasem

Merupakan tanggung jawab bersama antara Penyelenggara Pemilu, Peserta Pemilu, Masyarakat, termasuk pihak Muspika Kecamatan Ciasem dimana masing-masing pihak memiliki peran yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dalam menyukseskan pemilu Pilkada serentak tahun 2024.

Turut hadir Ketua Panwascam Kecamatan Ciasem Yudi Purnomo beserta Anggota Komisioner, Camat Ciasem yang diwakili Sekmat Ciasem Andri, Kepala Desa Ciasem Girang Tahroni,Kapolsek Ciasem yang diwakili Panitia 2 Intelkam Polsek Ciasem Aipda Asep Saepudin, Danramil 0506/Ciasem yang diwakili Batuud Peltu Budi,Ketua PPK Kecamatan Ciasem yang diwakili Anggota Divisi Teknis Penyelengara Sandi, Wakasek Yono ,Para PKD se-Kecamatan Ciasem .

“Dalam mengantisipasi keamanan saat berlangsungnya pemilu serentak 2024 maka Panwaslu Kecamatan Ciasem mengharapkan adanya sinergitas dari Muspika secara keseluruhan, walaupun kami selaku pengawas pemilu telah memetakan potensi kerawanan pemilu yang harus diperhatikan bersama,” ungkap Yudi Purnomo

Ia juga menyampaikan agar semua pihak bersikap netral dan tidak terlibat politik praktis dalam pelaksanaan pemilu.

BACA JUGA  Wakili Kapolsek Aiptu Lili Hambali Hadiri Musyawarah Ranting VIII Kwartir Ranting Patokbeusi Tahun 2021

Selama masa kampanye seperti yang tertuang dalam pasal 63-65 UU No 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur , Walikota dan Wakil Walikota juga Bupati dan Wakil Bupati .

Dengan terlaksananya Pelatihan dan Penguatan Kapasitas Aparatur Pengawas Pemilu dan Kesekretariatan Dalam Rangka Pemilihan Serentak tahun 2024 ini, diharapkan PKD se-Kecamatan Ciasem semakin siap dan solid dalam menjalankan tugas pengawasan pemilihan serentak tahun 2024 dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme.

serta menghadirkan mitra kerja nya sebagai narasumber yaitu dari unsur panitia pemilihan kecamatan (PPK) Ciasem yakni Anggota Divisi Teknis Penyelengara.

Sandi dalam arahannya memberikan pembekalan dengan materi terkait peningkatan kapasitas aparatur pengawas dan cara membangun teamwork pengawasan yang handal.

Selanjutnya selaku narasumber kegiatan ini, anggota PPK Divisi Teknis Penyelengara Sandi menegaskan pentingnya peran pengawas kelurahan/desa (PKD) dalam memastikan jalan nya pilkada yang jujur dan adil.

“Seorang PKD ditekankan hendaknya memiliki kemampuan yang mumpuni dalam mengawasi proses tahapan pemilihan, mulai dari persiapan, pendataan pemilih, hingga nanti proses rekapitulasi suara” tandas Sandi.

Sandi juga menjelaskan beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh PKD untuk meningkatkan efektivitas pengawasan.

“PKD bisa lebih ditingkatkan koordinasi dengan pihak pihak terkait, pemanfaatan teknologi informasi lebih ditingkatkan juga untuk memantau perkembangan situasi di lapangan, serta bisa juga dengan peningkatan kompetensi melalui pelatihan dan sosialisasi berkala” tambah Sandi.

Terakhir, Anggota PPK ini menyoroti penting nya integritas dan profesionalitas dalam menjalankan tugas sebagai PKD

“Harapan nya dengan penguatan kapasitas ini, PKD dapat menjalankan tugas nya dengan lebih baik, bisa bekerjasama dengan teman teman PPS , dan berkontribusi terhadap kesuksesan Pilkada Jawa Barat dan Pilkada Subang tahun 2024,” tutup Sandi

BACA JUGA  Yayasan Putra Galunggung Santuni Anak Yatim Piatu Di Hadiri Bupati subang

Penulis : Uta Libas

Editor : Redaksi

LIBAS GROUPbanner 728x120

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *