Masyarakat Desa Rancaasih Nikmati Manfaat Skema Padat Karya Tunai

Subang-KoranLibasnews.com Desa Rancaasih kecamatan Patokbeusi Kabupaten Subang Senin 16-12-2019 yang dipimpin oleh H. TAJUDIN NIRWAN.S.Mn selaku Kepala Desa terus menggenjot pembangunan terutama untuk infrastruktur yang dananya dari dana desa yang disalurkan melalui kementrian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi.

Kepala Desa Rancaasih, Kecamatan Patokbeusi, mengatakan manfaat Dana Desa (DD) sangat dirasakan masyarakat desa.

Bacaan Lainnya

Apalagi dengan adanya Program Padat Karya Tunai (PKT).

LibasIMG-20191219-WA0013

H. TAJUDIN NIRWAN SMn,ketika di mintai keterangan awak Media Libas News di sela – sela pengecoran lanjutan di dusun Jungklang mengakui, program PKT yang pendanaannya berasal dari APBN ini dinilai telah membantu warganya karena mendapatkan peningkatan tambahan ekonomi.

Warga yang terlibat dalam proyek PKT pembangunan desa diberi upah dan tidak boleh melibatkan pihak ketiga atau kontraktor ungkapnya.

Dikatakan H. TAJUDIN NIRWAN SMn, salah satu proyek DD yang dilakukan di Desa Rancaasih melalui program PKT adalah pembangunan jalan rabat beton di Dusun Jungklang dari DD tahap 2 yakni kurang lebih dengan volume 600 Meter lebar 3,5 meter ketinggian 20 cm.

Dan sekarang melanjutkan DD tahap 3 akhir. Diakui H. TAJUDIN NIRWAN, sistem PKT ini selain peningkatan pembangunan di desa Rancaasih, juga turut membuka lapangan pekerjaan warga setempat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta menghidupkan ekonomi warga kami ungkapnya.

LibasIMG-20191219-WA0014

Senada JULI selaku ketua LPM/TPK Desa Rancaasih juga mengatakan, bahwa proyek PKT diterima masyarakat secara positif, karena melibatkan langsung warga setempat, sehingga warga dapat menikmati penambahan penghasilan dan dapat merasakan pembangunan infrastruktur desa yang merata.

DEDI juga selaku tokoh pemuda Desa Rancaasih menjelaskan, pengerjaan sumber dana dari APBN ini dilakukan secara swakelola oleh masyarakat desa Rancaasih dan wajib menerima upah bekerja.

Dengan upah yang didapatkan, masyarakat desa setempat akan mendapatkan sumber pendapatan baru dari adanya proyek PKT ujarnya.

H. RUDI juga menyampaikan, masyarakat sangat antusias dengan hadirnya program nasional PKT ini, karena dari pendapatan upah bekerja dari proyek PKT bisa menggerakkan perekonomian warga di desa atau di dusun.  

H. RUDI menambahkan prihal Kades rancaasih yang juga pengelola Travel umroh dan Haji Plus PT. Uhud Wisata Amanah Subang yang berkantor di depan BRI Sukamandi.

H. TAJUDIN NIRWAN S.MN juga menambahkan untuk anggaran BKUD yang di alokasikan di Rt 01,dua gang Rt 02 ,Rt 06,dan Rt 14 dengan sudah bergulir nya dana BKUD juga pengalokasian dana desa, maka pembangunan dengan menggunakan skema padat karya tunai dapat segera direalisasikan, mengingat dana yang 30 persen dari pengerjaan proyek dana desa harus dialokasikan untuk upah pekerja.

Terpantau, salah satunya ruas jalan yang yang sudah terealisasi berupa pengaspalan Hotmik yakni, di Rt 01,02,06 dan Rt 14 Desa Rancaasih Alhamdulillah, selama ini jalan di dusun Jungklang  rusak, kini sudah bisa dilalui, kondisi jalan sudah mulus Kata DIWONG  kepada Awak Media Libas News kamis 19-12-2019.

Bahkan adanya infrastruktur jalan yang bagus di desanya, kini Jalan tersebut dijadikan jalan utama warga setempat yang ini melakukan aktifitas.

Kini jalan sudah bisa digunakan, warga disini sudah sangat lama menginginkan jalan yang bagus tapi baru di jaman bupati Ruhimat keinginan itu bisa diwujudkan,kata DIWONG

Seperti yang di ketahui Program Jawara Nata dari Dinas PUPR adalah satu program unggulan di pemerintahan Bupati Subang Jimat-Akur, satu persatu infrastruktur jalan dibenahi sebagai wujud program Jawara sudah berjalan sesuai dengan aturan Program tersebut pungkasnya 

Penulis : Uta libas

Editor   : Fikri

LIBAS GROUPbanner 728x120
BACA JUGA  Kapten Suhari Pantau Perataan Lapangan Untuk Kegiatan Pengobatan Umum Dan Khitanan Massal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *