LAPAS KELAS IIA SALEMBA MENERIMA KUNJUNGAN DARI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Jakarta-koranlibasnews.com Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Salemba menerima kunjungan 78 Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan 4 Dosen dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Selasa (21/11).

Rombongan UNJ disambut langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIA Salemba, Beni Hidayat beserta jajaran struktural. Selanjutnya, Kalapas memberikan gambaran umum tentang Lapas Kelas IIA Salemba dan perannya dalam sistem hukum nasional, serta menampilkan hasil karya Warga Binaan Lapas Kelas IIA Salemba.

Bacaan Lainnya

“Tugas kami sebagai petugas Lapas adalah membina para Warga Binaan Pemasyarakatan. Kami ditugaskan untuk mendampingi manusia yang berada di titik terendah. Semoga menjadi amal ibadah bagi kami demi mempersiapkan mereka agar kembali ke masyarakat dan dipersilahkan bagi para mahasiswa mengeksplore apa yang ada didalam untuk dipelajari dan kami membuka diri untuk masukkannya apa yang masih kurang di Lapas Salemba.” Ujar Kalapas, Beni Hidayat.

Dosen UNJ, Annisa Rahmi Faisal, mengapresiasi sambutan positif jajaran atas kedatangannya di Lapas Kelas IIA Salemba. “Maksud dan tujuan kami datang kesini agar dapat pengalaman belajar di lapas. Disinilah temen-temen mahasiswa akan melihat alur akhir dari proses peradilan pidana. Lapas ini ibaratnya gawang utama dalam menyelamatkan masyarakat Indonesia ketika berada dititik terendah dalam hidup mereka. Disinilah tempat mereka diperbaiki sehingga mereka kedepannya menjadi warga Negara yang lebih baik dan dapat berpartisipasi aktif dalam hidup bernegara.” Tuturnya.

BACA JUGA  Komando Distrik Militer 0505 Jakarta Timur Datangi Rutan Cipinang, Ada Apa Yaa ?

Setelah itu pemberian Plakat dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kepada Kepala Lapas Kelas IIA Salemba, Beni Hidayat.

Selain penyampaian profil Lapas Kelas IIA Salemba, dilakukan juga sesi tanya jawab tentang mekanisme pembinaan narapidana. Pertanyaan para mahasiswa pun dijawab langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIA Salemba.

Kemudian para mahasiswa diajak berkeliling untuk melihat kondisi dan kegiatan yang ada di Lapas Kelas IIA Salemba. Mahasiswa sekaligus mencicipi produk makanan hasil buatan Warga Binaan yakni Roti.

“Rasa rotinya enak dengan bahan yang berkualitas dan sangat higienis serta harganya juga lebih murah dibandingkn dengan harga roti di Kantin UNJ.” Ujar salah satu mahasiswa.

selanjutnya para mahasiswa melaksanakan wawancara dan observasi kepada Warga Binaan.

“ini merupakan pengalaman pertama saya mengunjungi Lapas. Saya mendapatkan pengalaman dan wawasan baru tentang kondisi Lapas. Menurut saya Lapas Salemba sangat bersih, asri, petugasnya ramah, dan warga Binaannya sangat kooperatif saat diwawancarai.” Ujar Olivia Mahasiswa UNJ.

Gindo, Mahasiswa UNJ memberika kesan yang baik terhadap Lapas Kelas IIA Salemba mengenai banyaknya perubahan baik yang telah dilakukan oleh pihak Lapas, mengingat kunjungan ini bukan pertama kali untuk dirinya..(*)

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *