KEGIATAN KERJA BAKTI JUMAT BERSIH MEMBERSIHKAN LINGKUNGAN PEKON SUKAJAYA

Tanggamus-koranlibasnews.com Kegiatan kerja bakti bersih lingkungan RT 001 RW 001 Pekon Sukajaya kecamatan Semaka kabupaten Tanggamus provinsi Lampung, Jumat, 03 November 2023.

Puluhan warga RT 001 RW 001 sangat ambisius melakukan kerja bakti membersihkan siring siring dan saluran air drainase di sepanjang jalan dusun setempat

Bacaan Lainnya

Kegiatan kerja bakti di hari ini dilakukan oleh seluruh warga yang berada diwilayah RT dan RW masing-masing dusun yang ada di wilayah Pekon tersebut. Warga guyup rukun bergotong royong membersihkan siring siring yang tertimbun material tanah lumpur pasir juga sampah juga pemangkasan ranting pohon yang menggangu pemandangan diwilayah pekon setempat.

Kepala Pekon Sukajaya Abdul Karim,SE. Mengatakan, aksi bersih-bersih saluran air seperti halnya siring siring drainase di permukiman warga ini sebagai upaya mengatasi persoalan genangan yang dipicu saluran tersumbat material tanah lumpur pasir juga sampah yang akibatnya pendangkalan pada siring siring tempat aliran air

“Sejak pagi tadi kita bersihkan bersama warga RT RW wilayah Pekon Sukajaya yang terdiri dari 6 RT dan 3 RW, ujar kepala pekon

Abdul Karim,SE. Menjelaskan, kerja bakti kali ini difokuskan pada pembersihan saluran air disiring siring yang tertimbun material tanah lumpur pasir juga sampah yang akibatnya terjadi pendangkalan. Melalui cara demikian, saluran diharapkan dapat lebih cepat mengalirkan air dan tidak sampai memicu genangan air saat diguyur hujan.

 

“Target kita siang ini seluruh siring siring yang sudah dangkal dan tanah lumpur pasir juga sampah-sampahnya kita angkat keatas permukaan,sampahnya kita kumpulkan lalu dibakar dan tanah lumpur pasir kita ratakan diatas permukaan supaya tidak ada gundukan-gundukan tanah lumpur pasir di area permukaan,” Ungkapnya.

BACA JUGA  Ibu Korban Dugaan Pemerkosaan Warga Badung Mengadu ke Ketua Presidium FPII

Ketua RT 001 dusun Sukajaya Induk Saidi mengatakan, pembersihan saluran air memang sudah direncanakan sebelumnya karena banyaknya tumpukan material tanah disekitar saluran air.

“Tumpukan material tanah lumpur pasir ini dikhawatirkan akan menghambat aliran air yang dapat mengakibatkan air naik kepermukaan dan mengakibatkan banjir, apalagi pada musim hujan,” terangnya.

Oleh karenanya, ia bersama warga kompak untuk turun membersihkan tanah lumpur yang berada di siring siring sepanjang saluran air diwilayah kami bersama-sama.

“Pihaknya akan terus mengajak warga untuk menjaga kebersihan lingkungan minimal tidak membuang sampah di dalam siring siring maupun saluran irigasi yang dapat mengganggu kelancaran aliran air,” Ungkapnya.

Kepala pekon Abdul Karim,SE. Mengatakan, kegiatan tersebut sebagai wujud sinergitas pemerintah Pekon bersama masyarakat dalam mengantisipasi banjir di musim hujan.

“Dengan gotong royong pekerjaan dapat selesai dengan cepat. Sekaligus menjalin silaturahmi dan kekompakan,” Ungkapnya.

“Saya harap masyarakat pekon mengembalikan semangat gotong royong dan kerja bakti, karena itu budaya kita,” pungkasnya.

Penulis : Akmal Libas

Editor   : Redaksi

LIBAS GROUPbanner 728x120

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *