Dandim 0420/Sarko Hadiri Upacara Kedisiplinan Dan Siaga Karhutla

Merangin-koranlibasnews.com
Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, S.A.P., M.Han., hadiri Upacara Kedisiplinan dan Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di halaman Kantor Bupati Merangin, Senin (27/07/2020).

Upaca dilaksanakan dalam rangka menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Kabupaten Merangin tahun 2020, sebagai Inspektur Upacara Bupati Merangin Dr H Al Haris, S.Sos, M.H., Perwira Upacara Kapten Inf Zul Abdullah, Komandan Upacara Kapten Inf Novri Yuda.

Bacaan Lainnya

Turut hadir selain Dandim 0420/Sarko, Kapolres Merangin AKBP M. Lutfi, S.I.K., Wadanden B Pelopor Satbrimob Jambi AKP Nanda Silalahi, Perwira Kodim 0420/Sarko, Kepala OPD terkait dilingkup Pemkab Merangin, Kepala Manggala Agni Kabupaten Merangin dan undangan lainnya.

Peserta upacara terdiri dari 1 SST Kodim 0420/Sarko, 1 SST Detasemen Pelopor B Polda Jambi, 1 SST Satpol PP Kabupaten Merangin, 1 SST Damkar Kabupaten Merangin,, 1 SST BPBD Kabupaten Merangin, 1 SST Manggala Agni Kabupaten Merangin,1 SST OPD Gabungan Pemkab Merangin.

“Pada hari ini saya mengajak kita semua kembali siaga terhadap Karhutla dan mari kita kembali mengajak masyarakat dari unsur terkecil yaitu masyarakat terbawah mulai dari Kepala Desa kemudian Camat, Danramil, Kapolsek dan Bhabinsa serta Babinkamtibmas sampai ke tingkat Kabupaten dan kita berharap mereka semua betul-betul mensosialisasikan kepada masyarakat, bahwa tidak boleh ada yang melakukan pembakaran hutan di manapun, kapanpun dan untuk kegiatan serta kepentingan apapun”, ajak Bupati dalam sambutannya.

Berikutnya untuk virus Corona status kita masih siaga walaupun gugus tugas di tingkat nasional sudah di menjadikan Satgas dan sekarang masa pemulihan ekonomi secara Nasional,

Selanjutnya kita harus bisa berusaha bagaimana mempertahankan zona hijau ini tidak ada lagi tambahan ataupun claster lainnya, kita tetap konsisten dan siaga serta waspada. Inilah yang paling konkrit, kita harus ingat bahwa kita hidup di tengah-tengah pandemi dengan semua tatanan hidup yang baru kita harus sehat dengan cara makan buah dan berolah raga, “lanjut Al Haris.

Langkah langkah yang perlu kita ambil dalam siaga darurat bencana Karhutla antara lain :

Melakukan pemantauan dan mengambil langkah tindakan yang diperlukan antara lain daerah rawan Karhutla melalui operasi darat, melakukan pemetaan daerah rawan kebakaran hutan dan lahan, melakukan sosialisasi bahaya kebakaran hutan dan lahan dan Operasi penegakan hukum, “tambahnya.

Diinstruksikan Bupati aktifkan Posko Crisis Centre, membuka posko lapangan, mensiagakan Tim TRC dan mengambil langkah yang diperlukan.

Instansi terkait sesuai dengan fungsinya menyampaikan asistensi Teknis, supervisi, bantuan teknis administrasi penanganan dampak lingkungan dukungan fasilitas dan pengerahan SDM, pengamanan dan memback up keselamatan petugas dan masyarakat dilokasi terjadinya bencana.

Dalam kaitan dengan penanggulangan bencana sebagaimana yang diamanatkan UU No 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan Bencana agar lebih dipahami bahwa pemerintah daerah mempunyai tanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana, “pungkas Bupati.

Penulis : Basori Libas

Editor : Fikri

LIBAS GROUPbanner 728x120
BACA JUGA  Pedagang keliling Jajakan Timun Suri Jelang Ramadan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *