Atasi Kekeringan Lahan Sawah,Kepala Desa Dukuh Bekerja Sama Dengan BBWS Citarum Terima Pinjam Pakai Mesin Pompa Satelit

Subangkoranlibasnews.com Melalui BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Citarum pinjamkan pompa air satelit 3 unit ,selama musim kemarau yang tahun ini lebih kering dari biasanya karena ada fenomena El Nino.

Untuk bantu petani airi sawah di blok 1 sampai Blok 18 yang terdiri dari Kelompok tani Tawakal 1, Kelompok Tani Tawakal 2 dan Kelompok Tani Tambo Jaya yang berlokasi di Desa Dukuh Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang .kamis 09/11/2023.

Bacaan Lainnya

Ketika dimintai keterangan Awak Media Libas Grup Kepala Desa Dukuh Ade Godam mengatakan berdasarkan laporan dari warga, lahan seluas 200 hektare yang baru tanam hanya 10 hektar dan sisanya 190 lahan persawahan petani di Desa Dukuh mengalami kekeringan akibat musim kemarau sekarang ini.

Yang sebelumnya Kepala Desa Dukuh berkordinasi dengan pihak Dinas BPBD Kabupaten Subang, melalui Kasi Bidang Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian Dinas Pertanian Subang .

menyahuti permintaan warga berupa pinjam pake mesin pompa air satelit 3 unit dari BBWS Citarum guna menghindari Gagal Panen.

Untuk diketahui Kapasitas 150 liter per detik mesin satu ujar Kepala Desa Dukuh.
Kades menambahkan untuk kelengkapan sebagian dari swadaya masyarakat murni untuk pembelian selang kurang lebih 40 Kg dari 3 unit mesin pompa air satelit tersebut.

Ade Godam menyampaikan bahwa layanan peminjaman pompa disediakan untuk membantu petani mengalirkan air dari sungai Ciasem ke sawah .

Sebelum layanan peminjaman pompa dijalankan, ia mengatakan, Dinas Pertanian menurunkan tim untuk memetakan jarak lokasi sawah dengan sungai.

BACA JUGA  Selalu Kompak, Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Komsos Bersama Dengan  Para Petani SHS

“Semoga hal tersebut dapat membantu para petani,” katanya

Penulis : Uta Libas

Editor    : Redaksi

LIBAS GROUPbanner 728x120

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *