WARGA MENGELUHKAN PUSKESMAS PESISIR SELATAN KEKURANGAN TENAGA KESEHATAN

Pesisir Barat ( Lampung) libasnews.com – Mengeluhkan minimnya tenaga medis baik di Puskesmas pesisir selatan maupun Puskesmas Pembantu (Pustu).

ketika awak media Libas News turun kelapangan mengkomfirmasi salah satu warga yang berobat menyampaikan keluhan tersebut kepada awak media Libas News terkait minim nya tenaga dokter ,tenaga farmasi,tenaga kesling juga ,tenaga dokter gigi seharus nya pihak dinkes kabupaten pesisir barat melalui Ombudsman RI Perwakilan lampung cepat tanggap permasalahan kekurangan tenaga kesehatan di puskesmas pesisir selatan.

Bacaan Lainnya

“Ketiadaan tenaga medis merupakan salah satu hal penting yang diadukan warga terkait pelayanan kesehatan di Puskesmas pesisir selatan atau Pustu,” kata warga sabtu 13-01-2018.

Seharusnya dinkes kabupaten pesisir barat dan Ombudsman cepat tanggap Keluhan-keluhan warga pesisir selatan itu karena merupakan dugaan maladministrasi seperti penundaan berlarut, penyimpangan prosedur, tenaga medis yang tidak kompeten, tidak patuh, hingga tidak memberikan pelayanan.

Untuk itu, warga berharap melalui Ombudsman RI perwakilan lampung harus segera menijau puskesmas pesisir selatan yang kekurangan tenaga kesehatan dan harus segera merapatkan koordinasi dengan instansi dinas terkait maupun pengelola layanan kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, Pustu dan BPJS Kesehatan) setempat guna mengidentifikasi persoalan dan mencarikan solusi bersama.

Menurut AKMAR AZMI ,Skm mengatakan ke awak media Libas News, ketiadaan tenaga medis dapat berakibat fatal karena menyangkut keselamatan masyarakat apalagi yang harus atau segera mungkin mendapatkan pengobatan pada saat itu.

BACA JUGA  Penyerahan Perpanjangan SK Tenaga Kontrak Secara Simbolis Oleh Bupati Kabupaten Pesisir Barat.

Oleh karenanya, ia meminta pihak dinkes kabupaten pesisir barat maupun propinsi lampung agar segera menambahkan tenaga kesehatan sepeeti Dokter rawat inap,tenaga parmasi,tenaga kesling dan Dokter gigi agar managemen layanan kesehatan memperhatikan jam kerja yaitu jam masuk dan jam pulang untuk memastikan kesiapsiagaan pelayanan di Puskesmas pesisir selatan /Pustu.

Menurutnya, jika tenaga masih kurang maka pihak managemen melalui Dinas kesehatan kabupaten pesisir barat segera menambah tenaga kesehatan di puskesmas pesisir selatan kami ini sudah sesuai dengan analisis kebutuhan tenaga kesehatan.

warga lainya juga menyarankan dan meminta agar Dinas Kesehatan kabupaten pesisir barat dapat mendistribusikan tenaga kesehatan secara merata sesuai Pedoman Penyusunan Perencanaan Kebutuhan SDM Kesehatan dalam Permenkes Nomor 33 Tahun 2015.

“Harapan kita agar masalah ketiadaaan tenaga medis di tempat pelayanan ini tidak lagi terjadi di masa mendatang, karena pelayanan kesehatan akan terus tidak memadai kalau tenaga medisnya sendiri tidak ada di lokasi,” katanya.

AKMAR AZMI Skm,selaku kepala puskesmas pesisir selatan menambahkan “Tidak hanya itu kebutuhan akan tenga dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, apoteker dan jenis-jenis tenaga kesehatan lainnya juga masih mengalami kekurangan,”pungkasnya.(agusarip)

banner 728x120

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.