Wakil Bupati Tanggamus, Serahkan Bantuan untuk Warga yang terkena amukan Gajah

TANGGAMUS (LAMPUNG) liabasnews.com –  Selasa Sore (31/10) Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi,M.Pd.I di dampingi Sekretaris Daerah Tanggamus Andi Wijaya, ST.MM.  mengunjungi Pekon Srikaton yang ada di Kecamatan semaka akibat amukan dari Gajah yang meresahkan warga yang turun dari Kawasan Taman Nasional Bukit  Barisan Selatan (TNBBS)
Menurut Laporan dari  beberapa Kepala Pekon yang ada di Kecamatan Semaka, bahwa gajah ini sudah lima kali turun ke pemukiman Pekon para Warga dan diperkiraan jumlahnya sekitar 12 Ekor,adapun pekon yang dimasuki Gajah tersebut adalah Srikaton ,Pardawaras,karang Agung,Sidomulyo,Sudimoro Bangun,Srikuncoro,dansripurnomo.
Yang kami sedihkan disini adalah banyak penghasilan para warga yang dirusak oleh Gajah-gajah tersebut Mulai dari tanaman pisang,coklat,kates, tanaman lainnya,bahkan sampai padi yang hampir dipanenpun ludes dimakan oleh Gajah2 tersebut.
Harapan kami dari para kepala2 Pekon dan masyarakat agar supaya Gajah-gajah tersebut dikembalikan kehabitatnya atau hutan lindung dimana tempat semula mereka tinggal.
Banyak Masyarakat beranggapan bahwa gajah ini turun karena banyak para perambah diatas sana akibatnya gajah tersebut diliarkan begitu saja mereka keluar dari tempatny dan mencari makanan yg ada ada di pemukiman para warga.
Warga masyarakat telah berupaya menggiring Gajah2 tersebut dengan berbagai macam cara tetapi hasilnya tidak ada sehingga gajah2 tersebut tetap kembali turun.
Kalau memang Gajah2 tersebut dilindungi oleh UU tentu ada biaya dan pembiayaan yang dibebankan oleh UU tersebut,jadi Harapan kami kembali apapun bentuknya dan solusinya mohon segera untuk diatasi agar supaya Gajah-gajah ini tidak menggangu masyarakat lagi.
Selanjutnya dalam sambutan Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul hadi,M.Pd.I beliau menyampaikan  Beliau meminta kepada Kepala2 Pekon dan Camat agar membuat surat yang lebih jelas tentang laporan kondisi terkini termasuk laporan kerugian.
Kemudian kepada  masyarakat untuk gajah akan tetap kita usir,dan akan kita kembalikan ke habitatnya atau asalnya sehingga besok Pagi akan kita keluarkan surat tanggap darurat sejenis bencana alam  tentang musibah serangan gajah ini.
Untuk selanjutnya kita akan meminjam  gajah terlatih dan para Ahlinya ,yang nantinya akan kita bicarakan kepada Taman Nasional Way Kambas untuk bagaimana cara mengembalikan gajah2 tersebut ke tempat semula.
Wabup minta kepada Masyarakat tetap berfikir jernih dan apapun kondisi masyarakat dengan batas pendidikan yang berbeda-beda dan emosi yang bebeda kita semua harus terima.
Oleh karna itu maka tugas kita supaya tidak membuat kondisi semakin parah ,harus kita redam ,harus bisa menahan diri ,cari solusi  supaya cepat bisa menyelesaikan masalah ini  dan bila perlu  secepatnya segera datangkan Gajah dari Way Kambas agar bisa segera ditindaklanjuti.
Diberikan juga bantuan secara simbolis oleh Wakil Bupti Tanggamus berupa beras ,makanan ,dan minuman kepda perwakilan para kepala Pekon yang ada di Kecamatan semaka.
Turut hadir dalam acara tersebut Bapak Agus Wahyudiyono Kepala Badan Pengurus TNBBS, para Asisten, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah,Camat Semaka,dan Para  Kepala2 Pekon yg ada di Kec.Semaka. (rudi)
LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90
BACA JUGA  Ada Apa Dengan Ketua Kelompok Bpnt Kumpulkan ATM Dan PIN Penerima Manfaat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *