Unit Jibom Gegana Sat Brimob Polda Jabar Evakuasi Temuan Bom Di Wilayah Tasikmalaya

 

TASIKMALAYA – Sebuah Bom jenis Munisi Militer diduga sisa perang dunia ke 2 ditemukan di area pemukiman warga di Kampung Babakan Erwan Kelurahan Sulaksana Kecamatan Bungursari Tasikmalaya Kota .Tim yang bergerak adalah satu Unit Jibom beranggotakan sepuluh personel dipimpin Kasubden Penugasan AKP Sanhaji, berangkat ke Polsek Indihiang Tasikmalaya untuk menindaklanjuti laporan dan langsung ke tempat lokasi penemuan.

Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol Yuri Karsono, S.I.K menyatakan bahwa “Penemuan ini bermula dari hasil laporan masyrakat yang hendak menggali kebun, dan menemukan benda yang dicurigai bom, yang kemudian langsung melaporkan temuan tersebut ke polsek setempat. Kemudian ditindak lanjuti laporannya oleh Polsek Indihiang Tasikmalaya Kota melalalui Bhabinkamtibmas untuk melaksanakan pengecekan dan pemasangan police line dilanjutkan melaporkan ke Satuan Brimob Polda jabar untuk meminta bantuan pengamanan dan disposal oleh Unit Jibom Detasemen Gegana”.

img-20210117-wa0031

Tiba Di TKP, tim unit penjinak bom ini langsung bergerak dengan memeriksa dan mengamankan temuan bom jenis Munisi Militer yang masih aktif tersebut

“Masih aktif, dan berbahaya bisa meledak apabila bom tersebut salah dalam penanganannya,” ujar Akp Sanhaji

img-20210117-wa0032

Setelah diadakan pemeriksaan, maka diputuskan bom tersebut ada dihancurkan (disposal) di lokasi di Pertambangan Batu Kampung Babakan Erwan Kelurahan Sulaksana Kecamatan Bungursari Tasikmalaya kota untuk menghindari bahaya ledakan yang bisa terjadi kapanpun.

“Dengan pertimbanagan keselamatan, maka bom tersebut akan kita lakukan disposal di tempat,” ujarnya.

Unit Jibom berangkat menuju lokasi tempat akan dilakukan pendisposalan bom granat tangan. Dengan keahlian dan kemampuan personel unit jibom satu buah Bom jenis Munisi Militer dapat di jinakkan melalui pendisposalan atau di hancurkan.

Setelah berhasil mendisposal munisi bom unit Jibom bergerak menuju Mapolsek Indihiang untuk dilakukan serah terima barang bukti bahwa munisi bom telah dihancurkan dan dibuatkan Berita Acara di serah terimakan kepada Kapolsek Indihiang Akp Didik yang nantinya akan di lanjutkan serah terima kepada pihak TNI oleh Kapolsek Indihiang.

BACA JUGA  Diduga Syarat Korupsi Menggunakan ADD, Kinerja PJ Kades Perangusan Masyarakat Mintak Di Audit

“sesuai dengan peraturan dan perkap Kapolri, bahwa munisi bom ini menjadi ranah militer dalam hal ini TNI, untuk itu kita hanya membantu menangani dan menjinakkan munisi militer tersebut kemudian menyerahkannya kepada satuan TNI, untuk dilakukan penanganan lebih lanjut,” Terang Akp Sanhaji

Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menambahkan “kegiatan penanganan bom ini merupakan salah satu bentuk Bakti Sat Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat”.

“Ini merupakan wujud Bhakti Sat Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Tasikmalaya, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Sat Brimob Polda Jabar dengan Masyarakat ″, ujar Kombes Pol. Yuri Karsono.

 

Red

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *