Temu karya Pemilihan Ketua Karang Taruna di Desa Ranca Jaya

Subang (Jawa Barat) libasnews.com – Para sesepuh warga desa ranca jaya kecamatan patokbeusi kabupaten subang berinisiatif untuk membentuk kepengurusan karang taruna yang baru.minggu 14-01-2018
Diharapkan karang taruna ini akan beroperasi karena mempunyai program yang jelas.

Sebagian karang taruna malah diam setelah dibentuk.
Karang taruna seperti ini disebut karang taruna tukcin ( ditunjuk cicing ), dibentuk lalu diam.
Lalu karang taruna ini juga menjadi wadah pembelajaran organisasi bagi para pemuda.

Bacaan Lainnya

Organisasi ini akan menjadi kepanjangan tangan dari pemerintahan pusat dan daerah.
Program-program pemerintahan pusat dan daerah akan disambut, dilaksanakan dan diteruskan oleh karang taruna desa ranca jaya .

Organisasi ini pun akan menangkal pengaruh negatif seperti minuman keras, narkoba, atau paham yang ekstrem seperti khilafah yang didirikan dengan cara peperangan dan antidemokrasi (antimusyawarah).

Karang taruna desa ranca jaya ini dinaungi oleh pelindung dari pejabat kepala desa ,bhabimkamtibmas,babinsa setempat.

Karang taruna desa ranca jaya ini juga dinaungi oleh penasehat dari bhabimkamtibmas dan babinsa desa ranca jaya Selain itu karang taruna ini juga memiliki pembina di antaranya dari unsur kepolisian yang berdomisili di wilayah setempat.

Mulailah pemilihan ketua karang taruna dilakukan. Karang taruna ini memang karang taruna pertama yang mulai beroperasi di desa ranca jaya yakni ketua karuna desa ranca jaya ENDANG SOMANTRI ini sekaligus jadi ketua pengarah menentukan para pemuda dari setiap dusun yakni dusun buwer,mukyasari ,sengon untuk mencalonkan diri.

Karena ada 3 dusun, maka muncullah 3 calon ketua karang taruna dari dusun mulya sari ARIF PANCA PAMUNGKAS dan YOGI dari dusun sengon.

BACA JUGA  Pastikan BLT Tepat Sasaran, Camat Patokbeusi Cek Penyaluran BLT BBM Di Desa Rancabango

Pemuda-pemuda ini adalah pemuda yang potensial, baik, dan jujur terlihat dari wajahnya.
Ada dua (2) laki-laki yang diajukan untuk dipilih.
Mulailah mereka didorong untuk pidato dan mengemukakan visi dan misi mereka.

Mungkin saja visi dan misi ini bisa jadi lucu karena anggaran memang belum jelas, atau pengalaman organisasi mereka juga belum matang.

Namun, sebagaimana diuraikan di atas, karang taruna ini dibentuk untuk membantu program pemerintah. Karang taruna desa ranca jaya ini merupakan kepanjangan tangan pemerintah sekalipun anggarannya bisa dibilang swadaya atau bahkan seadanya.

mungkinkan menjalankan program pendidikan, pengajian, olah raga, dana usaha tanpa modal? Mungkin saja, asal ada investor yang berkenan memberikan investasi pada program yang profit dan menjanjikan keuntungan bagi hasil.

Seandainya saja ada di antara pemuda calon ketua karang taruna yang aktif di partai, tentu mereka akan menyampaikan visi, misi partai.

Visi, misi ini mesti pro rakyat, membela rakyat, dan membela kebenaran.

Visi, misi partai ini tentu saja bertujuan agar rakyat mencoblos mereka.

Mudah-mudahan visi, misi ini bukan sekedar hiasan bibir, atau pemanis belaka.
Tentu saja kader partai besar tidak akan tinggal diam untuk ikut serta dalam pemilihan ketua karang taruna.

Untungnya, tidak ada seorang pun calon ketua karang taruna yang merupakan kader partai.
Tentu saja karena kebanyakan rakyat sekarang tahu bahwa untuk menjadi wakil rakyat, bupati, atau karier politik lain, orang harus membayar melalui partai, membayar uang kampanye, dan menyelenggarakan hajatan setiap harinya untuk memenuhi tamu dengan suguhan-suguhan.

Setelah pidato, maka dilakukanlah pemungutan suara.
Akhirnya terpilihlah salah satu kandidat menjadi ketua karang taruna desa rancajaya priode 2018-2020 ,ARIF PANC PAMUNGKAS.
Lalu ketua ini membentuk tim formatur bersama penasehat, pembina, dan pengarah.
Mereka membentuk susunan pengurus di bawahnya dan mencanangkan program kegiatan selama satu tahun.

BACA JUGA  Audiensi Petani Kerjasama 306 Dengan Komisi II DPRD Subang, Nyaris Ricuh ,Bersitegang Dengan Dirprod PT. SHS 

Mudah-mudahan saja program satu tahun ini dapat terlaksana dengan modal yang ada pada organisasi karang taruna sekaligus susunan kepengurusan .

Sisi lain yang menarik untuk dibicarakan adalah bahwa organisasi temu karya acap kali mempunyai informasi publik yang mesti dilaporkan kepada publik.

Publik berhak meminta informasi publik ini dan organisasi wajib memberitahukannya.
Contoh organisasi adalah sekolah, dinas, juga karang taruna.

Di sini, bila organisasi menolak memberi informasi publik maka ia bisa dianggap melanggar undang-undang.

Disisi lain, bila ada oknum masyarakat yang menyalahgunakan informasi publik ini maka oknum ini juga akan diancam dengan undang-undang. Oleh karena itu, bila ada semacam organisasi yang mengatasnamakan lembaga swadaya masyarakat menyalahgunakan infomasi publik, mereka bisa dipidanakan juga.
Informasi publik itu misalnya banyaknya donatur, jumlah donasi, anggaran belanja atau program organisasi, laporan keuangan.
Organisasi sekolah yang melakukan pungutan sumbangan masyarakat mesti melaporkan sumber, besar anggaran, dan laporan penggunaannya kepada masyarakat. Bila informasi ini disalahgunakan oleh oknum LSM, maka oknum LSM terancam dipidanakan juga.

yang penting, para pemuda karang taruna bisa berkarya. Mungkin saja mereka bisa menggerakkan ekonomi masyarakat, mengkampanyekan kejujuran dalam investasi dan kerja, menghindarkan warga dari paham yang buruk dan sebagainya.
kegiatan temu karya di hadiri oleh ketua karang taruna kecamatan patokbeusi ,ASEP RUSNADI, ketua karang taruna desa ranca jaya ENDANG SOMANTRI ,ketua dusun mukya sari ANTON,ketua karang taruna sengon SUHERMAN, dan perangkat desa ranca jaya.( Uta)

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *