SERGAI GELAR SOSIALISASI AGEN E-WARONG DAN PENGGUNAAN ELECTRONIC DATA CAPTURE PENYALURAN BANTUAN PANGAN NON TUNAI

Sergai-Koranlibasnews.com Kabupaten Serdang Bedagai (Kab.Sergai) Gelar Acara Sosialisasi Agen e-Warong dan Penggunaan Electronic Data Capture (EDC) Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).Acara digelar pada hari Senin, 15 April 2019, bertempat diAula Objek Wisata Pantai Woong Rame Kecamatan Pantai Cermin Kab. Sergai Prov. Sumatera Utara.

Dalam Sambutannya, Bupati Sergai Ir H Soekirman mengatakan, Salah satu tujuan digelarnya sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah guna memperkenalkan kepada masyarakat tentang fungsi dan manfaat program pemerintah dalam bidang sosial ini. Hal ini dalam rangka meningkatkan efektivitas dan ketepatan sasaran program pengentasan kemiskinan dan ketimpangan ekonomi yang ditetapkan oleh Presiden Ir H Joko Widodo berupa bantuan sosial dan subsidi disalurkan secara non tunai.

Bacaan Lainnya

Libasimg-20190415-wa0019Jika dilihat dari sisi penerima manfaatnya penyaluran BPNT akan mendorong perilaku produktif penerima bantuan dan mewujudkan akumulasi aset masyarakat melalui fleksibilitas waktu penarikan bantuan dan kesempatan menabung.

Sementara dari sisi pemerintah, penyaluran BPNT menggunakan sistem perbankan akan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas program guna kemudahan mengontrol, memantau dan mengurangi penyimpangan, katanya.

Lanjutnya, Di zaman yang serba online ini banyak hal yang mengikuti kemajuan antara lain e-Warong, yang ada dibenak masyarakat yang belum faham tentu akan bertanya tentang hal tersebut.

Untuk itu melalui kegiatan sosialisasi lanjut Bupati ini bertujuan agar menghindari kesimpangsiuran arti dan manfaat sehingga hasilnya sempurna dalam penerapan di masyarakat sesuai Nawacita Presiden Jokowi yaitu menghadirkan negara ditengah-tengah masyarakat Dengan pesatnya perkembangan teknologi, maka hendaknya kita memanfaatkannya dan bukan melawannya.

BACA JUGA  PENGUKUHAN POKJA BUNDA PAUD KECAMATAN SE-KAB SERGAI SERTA DIKLAT IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BAGI GURU PAUD KAB SERGAI

Sebab selain mempermudah pekerjaan, manfaat yang dihasilkan jauh lebih besar dengan penggunaan manual, jelasnya. Masih pak bupati, Sekarang ini siapa yang tidak cepat maka akan tertinggal Sosialisasi hari ini akan menambah perbendaharaan pengetahuan dan ilmu serta manfaat dalam rangka mensejahterakan masyarakat serta program BPNT ini telah menambah kekuatan kita dalam pelayanan kepada masyarakat yang kurang beruntung.

Hari ini masuk dalam kalender nasional adalah Minggu tenang Alhamdulillah sampai saat ini Kabupaten Sergai dalam situasi kondusif sebab masyarakatnya tetap dalam persatuan dan kesatuan karena telah dewasa dalam berfikir serta bersikap, terangnya.

Lanjutnya lagi, Persaudaraan sebagai bangsa tidak dapat diputuskan oleh perbedaan pilihan. Tugas pemerintahan tidak dapat dihentikan dan harus terus berputar untuk kesejahteraan masyarakat. Kita tetap bekerja seperti biasa dengan semangat dan ikhlas,” ujarnya menutup sambutannya., pungkasnya.

Dalam Laporannya Kadis Sosial Misran, SE mengatakan, Kegiatan ini diikuti sebanyak 369 peserta terdiri dari Camat, Kades, serta Agen Penyalur BPNT yang memiliki rasio Keluarga Penerima Manfaat (KPM) 1 e-Warong atau Elektronik Warung Gotong Royong berbanding 250 KPM.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan efektivitas dan ketepatan sasaran program penyaluran beras sejahtera (Rastra) yang bertransformasi dari pola subsidi menjadi BPNT Sebagai laporan, Pemkab Sergai dan Bank Mandiri hingga saat ini telah menunjuk 109 agen e-Warong sebagai tempat RTS-PM/KPM untuk membeli bantuan pangan yang menjadi haknya berupa beras dan bantuan pangan lainnya yaitu telur.

Sedangkan narasumber kegiatan berasal dari Bank Mandiri Cabang Pematang Siantar, Perum Bulog Divre I Medan, serta Polres Sergai, katanya. Kacab Bank Mandiri Area Pematang Siantar Martinus Siagian dalam sambutannya mengatakan, mengapresiasi atas pelaksanaan sosialisasi ini dan kepada para agen e-Warong yang nantinya akan menyalurkan BPNT ke desa-desa.

BACA JUGA  Kanit Binmas Polsek Tebing Tinggi Pimpin Ops Yustisi Penanganan Penyebaran Virus Covid-19

Data yang kami miliki saat ini terdapat 27.619 KPM di Sergai yang nantinya setiap bulan menerima 110.00/bulan per KK melalui program BPNT ini. Pada hari ini seluruh mesin EDC sudah hadir dan telah dibagikan kepada para agen dan diajarkan penggunaan EDC tersebut guna lancarnya distribusi BPNT.

Selanjutnya beras dan telur harus betul-betul menyediakan sesuai ketentuan yang berlaku. Para penyalur BPNT sekaligus menjadi agen kami karena transaksi seperti layaknya transaksi perbankan. Agar dapat merekrut menjadi nasabah untuk menabung, membayar tagihan dan lainnya yang akan dimaksimalkan sebagai perpanjangan tangan Bank Mandiri.

Jika dirasa perlu kami akan menambah agen sehingga nanti seluruh desa dapat melaksanakan penyaluran BPNT melalui agen e-Warong ini. Kesuksesan para agen adalah kesuksesan kita semua, katanya. hadir dalam acara, Bupati Sergai Ir H Soekirman, Pimpinan Perum Bulog Divre I Medan Marakamin Siregar, Kacab Bank Mandiri Area Pematang Siantar Martinus Siagian, Kadis Sosial Misran, SE beserta jajaran, Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik MM, Perwakilan Polres Sergai, Camat Pantai Cermin Drs H Benny Saragih MM beserta Muspika, petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), para agen e-Warong se-Sergai.

Penulis : Markus Libas

Editor   : Fikri

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *