Relawan Sangganipa Tegaskan Antara Gubernur dan Sekdaprov Bukan Garis Kordinasi

PALU-koranlibasnews.com Ketua Relawan Sangganipa Provinsi Sulawesi Tengah Irfan Denny Pontoh, S.Sos menanggapi pandangan Guru Besar Universitas Tadulako Palu Prof Dr.Slamet Riadi, MSi disalah satu media cetak dengan judul headline “Sinergitas Kordinatif Gubernur Rusdi dan Sekdaprov Novalina”, jumat (3/2/2023).

“Opini atau pandangan tersebut harus diluruskan, karena antara Gubernur dan Sekdaprov dalam tata kerjanya bukan dalam lingkup koordinatif, tetapi tegas dan jelas bersifat garis pertanggungjawaban,” tegas Irfan Denny Pontoh, kepada sejumlah awak media FPII di Palu, jumat (3/2/2023).

Bacaan Lainnya

Menurut Irfan, Sekdaprov adalah Pembantu Gubernur dan hanya bertanggungjawab kepada Gubernur.”tafsiran tata kerja itu jelas, dan tidak ada tafsiran lain, apalagi dianalogkan dengan sinergitas koordinasi untuk pencapaian visi misi daerah, itub pandangan keliru !!” jelasnya.

Dikatakan pula, Gubernur sebagai Kepala Pemerintahan adalah user, pengguna dan pemakai, dan Sekdaprov batas tugas dan kewenangannya cuma menjalankan perintah Gubernur dan kewenangan lain sesuai peraturan perundangan yang bersifat administratif dan koordinatif ke jajaran Asisten dan Organisasi Perangkat Daerah.

“Karenanya seorang Sekdaprov harus paham dan mengerti posisinya sebagai pembantu Gubernur, makanya harus taat, loyal dan patuh !!” tandas Irfan.

Dalam posisi Sekdaprov sebagai Pembantu Gubernur, Irfan menilai, dalam impelementasinya sepenuhnya menjadi kewenangan penuh Gubernur, untuk mendelegasikan atau tidak mendelegasikan kebijakan dan kewenangannya kepada seorang Sekdaprov.

“Terkait kewenangan Sekdaprov sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Ketua Baperjakat, itu sepenuhnya juga dalam kendali dan tanggungjawab Gubernur”. tukas Irfan.

BACA JUGA  Satgas TMMD Ke 111 Tiba Di Induk Pasukan

Dalam rangka membantu tugas dan kewenangan Gubernur dan Wakil Gubernur untuk pencapaian visi misi daerah, Ketua Relawan Sangganipa meminta Sekdaprov Novalina untuk tidak melakukan langkah dan kebijakan diluar dari instruksi atau perintah Gubernur Sulawesi Tengah.

“Relawan Sangganipa akan terus mencermarti kinerja Sekdaprov Sulteng, karena kehadiran kami jelas, untuk menjaga, mengawal dan mensukseskan kepemimpinan orangtua kita H.Rusdy Mastura sebagai Gubernur Sulawesi Tengah” pungkasnya. (tim)

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *