Kades RANTAU LIMAU KAPAS Realisasikan Dana Desa Tahun 2017 Tepat Sasaran

Bangko, (Jambi) Libas News.com – Bantuan Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2017 dari Pemerintah Pusat yang diterima Pemerintah Desa (Pemdes) diperuntukkan pembangunan infrastruktur Desa, Pemerintah Desa Rantau Limau Kapas  salah satu desa di Kecamatan Tiang Pumpung Kabupaten Merangin .

dipimpin langsung Kepala Desa (Kades) AMSORI  beserta aparat desa Rantau Limau Kapas bekerjasama dengan warga melaksanakan “program pembangunan Jalan setapak desa.yakni lebih kurang 500 meter total biaya Rp.91 juta juga TPT Drenase hampir 372 meter panjang menghabiskan anggaran kisaran Rp.92 juta dan bangunan gedung perpustakaan yakni 7 × 9 meter persegi menghabiskan dana Rp.173 juta .itu semua bersumber dana desa .

Bacaan Lainnya

Kades desa Rantau Limau Kapas AMSORI  menjelaskan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 pasal 72 ayat (2) alokasi dana desa yang bersumber dari APBN merupakan belanja pusat dengan mengefektifkan program yang berbasis desa secara merata dan berkeadilan DD dapat digunakan untuk mendanai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

Anggaran DD dialokasikan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan desa , saat ini kami memang masih konsentrasi pada pembangunan infrastruktur, kedepan pemerintahan desa konsentrasi untuk mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahtraan masyarakat, jelas AMSORI  kepada awak Media Libas News .AMSORI  menjelaskan pengerjaan Jalan setapak  dilakukan secara swadaya oleh masyarakat, sedangkan untuk anggaran diambil dari DD tahun 2017 senilai Rp. 91 juta untuk membangun jalan sepanjang 500 meter dan juga TPT 372 meter panjang  ini dengan harapan diakses warga dan petani bisa terpenuhi.

BACA JUGA  Forki Sultra Tahun Depan Datang Lagi

AMSORI  menambahkan, usulan perbaikan jalan dari warga sudah menjadi prioritas Pemdes Rantau Limau Kapas , dia (Kades red) meyakini di tahun-tahun mendatang juga bisa terealisasi perbaikan jalan diwilayahnya, dengan  jalan setapak ini warga lebih leluasa beraktifitas terutama saat mengangkut hasil panen dan lainnya. Alhamdulilah jalan sudah mulus warga bisa lebih nyaman ketika bepergian, tutur AMSORI.
Salah satu warga desa setempat ADE  berharap, Pemdes Rantau Limau Kapas  bisa meneruskan pembangunan jalan desa. Karena infrastuktur jalan merupakan faktor utama dalam meningkatkan roda perekonomian masyarakat, pungkasnya

Sedangkan  Ketua TPK Desa Rantau Limau Kapas  mengatakan, pembangunan jalan setapak merupakan hasil kesepakatan warga desa Rantau Limau Kapas , melalui musyawarah desa, yang kemudian dikerjakan sendiri oleh warga desa Rantau Limau Kapas . Pembangunannya disesuaikan dengan besarnya dana yang ada di dalam Rancangan Anggaran Belanja ( RAB )

“Kami membangun jalan merupakan hasil Musyawarah Desa (Musdes) kemudian disesuaikan dengan DD yang diterima. Sedangkan pekerjaan dikerjakan oleh warga setempat,” terangnya.

Menurutnya, pembangunan berupa  jalan setapak sangat tepat, karena selama ini jalan keluar masuk kampung tersebut belum pernah ada pembangunan, padahal kegiatan warga termasuk tinggi, disebabkan umumnya warganya 80% kesehariannya petani dan pedagang yang tinggi mobilitasnya keluar masuk kampung tersebut, sehingga akses jalan masuk keluar kampung butuh pembangunan infrastruktur transportasi yang memadai, menyesuaikan kegiatan warganya,” pungkas . (Fikri)

banner 728x120

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 Komentar

  1. Hi, You probably saw how Bitcoin increased over 900 over the course of last year. It was wild – but not totally unprecedented if you’d been watching cryptocurrency over the last several years. And here’s the crazy thing; There are many other coins that still have tons of room to grow. You may have heard of Ethereum, Litecoin, Ripple, and others… …but there are more coins – and many more opportunities – Follow this link to get the full story. http://bit.ly/-cryptocurrency Best regards