Kaba Mountain Coffee Rejang Lebong Tembus Pasar Internasional

Rejang Lebong-Koranlibasnews.com Salah satu kopi olahan hasil petani Rejang Lebong ternyata cukup diminati di Luar Negeri, bahkan Produksi kopi petik merah jenis Robusta dan Arabika yang ditanam petani di sekitar kawasan Bukit Kaba Kecamatan Selupu Rejang telah menembus pasar Negara Denmark.

Diungkapkan Hendi, Bisnis Development Management Kaba Mountain Coffee, produksi mereka saat ini per bulannya telah mencapai 800 Kg untuk dikirim ke Denmark dan beberapa daerah Indonesia seperti Jakarta dan Solo.“Kopi yang kita kirim keluar dari Rejang Lebong ini ada 2 macam yakni dalam bentuk bubuk dan Green Bean.

Bacaan Lainnya

Untuk harga cukup bersaing, di mana kopi jenis Arabika yang sudah diolah menjadi bubuk siap saji kita banderol Rp200 ribu per kilo dan untuk jenis Robusta kita banderol Rp120 ribu per kilo,” kata Hendi.

Ditambahkan Hendi, seluruh produk kopi yang dipasarkan dengan Merek dagang Kaba Mountain Coffee tersebut dihasilkan petani binaan mereka. Saat ini lahan petani telah berproduksi mencapai 60 hektar yakni 20 hektar kopi Jenis Arabika dan 40 hektar kopi Jenis Robusta dengan melibatkan 80 orang petani. “Lahan tersebut merupakan milik petani, kita dari Kaba Mountain Coffee sejak 5 tahun lalu sudah membantu mengembangkannya dengan menyediakan bibit dan memberikan pendampingan.

Seluruh kopi yang dihasilkan harus petik merah dan harga jual dari petani ke kita juga cukup kompetitif,” ujar Hendi. Diungkapkan Hendi, saat ini pihaknya membeli 1 Kg kopi petik merah basah jenis Robusta dihargai Rp4 Ribu, sedangkan untuk Jenis kopi Arabika dihargai Rp6 Ribu.

Untuk menghasilkan 1 Kg biji kopi Kering dibutuhkan 8 Kg kopi basah. “Kalau Sekarang ini harga beli kita jauh lebih tinggi dari harga pasar.

Sekarang harga rata-rata kopi Robusta dari petani ke gudang dihargai antara Rp16 ribu-Rp17 ribu. Sedangkan kita membeli dikisaran harga Rp32 ribu. Keuntungan petani yakni mereka tidak perlu mengeringkan kopi yang dihasilkan tapi kita beli dalam kondisi basah atau setelah dipanen,” kata Hendi.

Meski produk Kopi yang dihasilkan petani Rejang Lebong telah menembus pasar Internasional, namun pihak Kaba Mountain Coffee masih melakukan promosi di wilayah Rejang Lebong, bahkan pada hari Rabu (26/11 2019).

mereka menghidangkan kopi siap minum secara gratis kepada ASN dan warga yang kebetulan berkunjung ke kantor Bupati Rejang Lebong. “Gratis mas, ada rasa kopi Arabika ada juga rasa Robusta,” ucap Oktari Yolanda bagian pemasaran kopi Kaba Mountain Coffee.

Oktari juga menambahkan, selain di sekitar kantor Pemda, rencana kegiatan yang sama juga akan dilakukan ke sejumlah kantor dinas instansi untuk mengenalkan produk kopi Rejang lebong yang memiliki kualitas bagus. “Selain ke kantor-kantor, ‘Ngopi gratis’ ini juga akan dilakukan di tempat lain yang strategis, untuk mengenalkan dan mempromosikan produk kopi Rejang lebong dengan kualitas ekspor,” kata Tari.

Penulis : Jul Libas

Editor   : Fikri

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90
BACA JUGA  Polsek Dolok Merawan Tangkap 3 Pria Pelaku Curat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *