H Al Haris Dampingi Wagub Buka FPGNM Jambi 2017

Bangko (Jambi) Libas News.com – Wakil Gubernur Jambi H Fahrori Umar kemarin (11/9), membuka secara resmi Festival Pesona Geopark Nasional Merangin (FPGNM) Jambi 2017. Acara yang difokuskan di Taman Batu Merangin itu, berlangsung meriah dan spektakuler.

Tanpak hadir pada FPGNM Jambi ke-1 tersebut, selain Bupati Merangin H Al Haris, Wabup Merangin H A Khafid Moein, Sekda Merangin H Sibawaihi, juga Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Tasbir.

Bacaan Lainnya

Para Forkopimda dan bupati/walikota se-Provinsi Jambi juga hadir. ‘’ FPGNM Jambi ini telah menjadi agenda nasional Merangin, yang akan digelar setiap tahunnya,’’ujar Bupati dibenarkan Kepala Dinas Pariwisata Dedidarmantias usai acara.

Pariwisata lanjut bupati, tidak terlepas dari transportasi, kearifan lokal, infrastruktur dan keberadaan hotel. Untuk itu jelas bupati, dengan dibukanya Bandara Muara Bungo sangat membantu membuka akses ke Kabupaten Merangin.

‘’Kami telah berupaya semaksimal mungkin agar Geopark Merangin diakui Unisco, namun terus gagal. Jadi seandainya Geopark Merangin ini berada di Bali atau di Jakarta, saya yakin pasti telah diakui Unisco. Sarana transportasi jadi kendala kita,’’terang Bupati.

Disamping Geopark, bupati terus berupaya menggali potensi-potensi wisata lainnya di Kabupaten Merangin. Sebelum ke Geopark, wisatawan bisa menikmati potensi wisata yang ada di Kota Bangko, seperti Dam Betuk, Kabun Binatang Bukit Tiung dan wisata lainnya.

Wagub Jambi H Fahrori Umar mengatakan, Kabupaten Merangin memang sangat banyak memiliki potensi wisata. Semua potensi wisata alam itu bila dikembangkan dengan baik, akan membuat Kabupaten Merangin menjadi daerah tujuan wisata utama di Jambi.

BACA JUGA  Antusias Masyarakat Patokbeusi Ikut Lomba Memperingati HUT RI KE- 74

‘’Saya kemarin ke Jangkat, potensi wisatanya sangat luar biasa, udaranya segar dan pemandangannya sangat bagus. Selain berpariwisata menikmati indahnya alam, di Jangkat juga bisa berwisata agro, disitu banyak,cabe, kentang, kol dan aneka sayuran,’’ujar Wagub.

Tasbir asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata Republik Indonesia mengaku sangat kagum dengan Kabupaten Merangin yang memiliki potensi wisata Geopark Merangin.

Keberadaan Geopark Merangin itu tegasnya, merupakan magnit bagi potensi-potensi wisata lainnya di Bumi Tali Undang Tambang Teliti. ‘’Merangin memang mempunya lokasi wisata yang terbaik,’’terang Tasbir.

Pariwisata tegas Tasbir, merupakan milik masyarakat. Untuk itu perlu terus dikembangkan untuk kemakmuran masyarakat secara makro. Bila semua daerah pariwisatanya dapat berkembang dengan baik, pasti perekonomian masyarakatnya bagus.

FPGNM Jambi 2017 ini akan berlangsung sampai Kamis (14/9). Acara ini setiap harinya diisi dengan berbagai kegiatan, seperti lomba arung jerang, perkemahan jurnalis, beragam seni pertunjukan dan sederetan kegiatan lainnya. (Midun/teguh/humas)

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *