Deklarasi Kesepakatan Bersama Menjaga Tanah Papua Damai Dukung Go Adipura Kabupaten Jayapura.

Jayapura Papua-Koranlibasnews.com Deklarasi kesepakatan bersama dalam rangka menjaga tanah Papua damai dan kerja bhakti massal mendukung program Go Adipura Kabupaten Jayapura di lapangan olah raga pasar lama Sentani Kabupaten Jayapura, Hari Jumat (13/09) .

libasimg-20190913-wa0073Turut hadir dalam Deklarasi Damai tersebut Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, Wakil Bupati Kab. Jayapura Giri Wijayantoro, Kadis Pers Lanud Silas Papare Jayapura Kolonel ADM Bambang Pujiono, S.IP, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, SH., SIK., MH., M.Si, Dandim 1701/ Jayapura Letkol Jerry Simatupang, Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kab. Jayapura Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP.

Bacaan Lainnya

libasimg-20190913-wa0074Kepala Dinas Pendidikan Kab. Jayapura Ted Mokay, S.Sos, M.Si., Kepala Dinas Dukcapil Kab. Jayapura Herald Berhittu., Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Jayapura Chris Tokoro, Danyon penugasan Polda Sumbar Kompol Subagio, Danramil Sentani Mayor Inf. Jhon F. Dahar, Kabag Sumda Polres Jayapura AKP Mansyur, Kasat Binmas Polres Jayapura AKP Yudo Winarno, Ketua FKUB Kab. Jayapura Pdt. Hosea Taudufu, S.Th Ketua HKMJ Kab. Jayapura H. Komari, Tokoh Agama Kab. Jayapura Penatua Martinus Done, Tokoh Masyarakat Kab. Jayapura H. Karim, Tokoh Perempuan Kab. Jayapura Veronica Felle Tokoh Adat / Ondoafi Sosiri Boas Enock, Ketua Lapago Kab. Jayapura Nius Jikwa, Sekretaris KNPI Kab. Jayapura H. Bambang Zulhadi, Personil Polres Jayapura, 1 Pleton BKO Brimob Polda Sumbar, 1 Regu Batalyon 751/ Raider.,

libasimg-20190913-wa00711 Pleton ASN Pemda Kab. Jayapura. Sebelum acara deklaraai damai dimulai menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan pembacaan Doa pembuka yang dipimpin oleh Tokoh Agama Penatua Marthinus Done.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE., M.Si memberikan sambutannya, upacapan terima kasih kepada seluruh Forkopimda, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, personil TNI – Polri, ASN yang telah hadir. “Kesepakatan bersama agar kabupaten ini tetap aman dan damai, dimana wilayah kita merupakan zona integtitas dan pernyataan itu semua element ada dan siapapun warganegara yang tinggal atau berada di Jayapura jadi kita harus berkomitmen menjaga keamanan di Wilayah kabupaten Jayapura” Ucapan Terimakasih kepada Kapolres Jayapura bersama Kapolda Papua yang telah inspirasi kegiatan Deklarasi hari ini ucap Bupati.

libasimg-20190913-wa0070Selain keamanan program lainnya salah satunya adalah kebersihan kota, bagaimana kota kita bisa bersih, tempat kita bisa menyenangkan dan menjadi perhatian.

Dalam kegiatan ini tidak ada batasan siapapun dia dapat menciptakan kota yang bersih sehingga kita siap menyambut PON Ke XX tahun 2020 Papua lanjut Bupati.

Walaupun kita bukan panitia PON akan tetapi apa yang kita buat semua ini berpengaruh dan mendukung keamanan dan kebersihan dan kami sudah melakukan koordinasi perangkat RT dan RW untuk melakukan lomba kebersihan dan keamanan lingkungan, tutup Bupati.

libasimg-20190913-wa0075Danramil Sentani Mayor Jhon F. Dahar, SH yang mewakili Dandim 1701 memberikan sambutan mengucapkan syukur kepada Tuhan karena penyertaanNyalah sehingga deklarasi ini dapat berjalan lancar , saya mewakili Bapak Dandim karena beliau masih menemani Bapak Panglima di vip room Bandara Sentani, ucap danramil Koramil Sentani sebenarnya sudah mendukung kegiatan ini dari awal dengan menempati posisi masing – masing dari pagi untuk melakukan kegiatan pembersihan, terima kasih juga kepada Bapak Kapolres Jayapura yang telah membantu mengkoordinir kita dalam pembersihan di kabupaten Jayapura ini, lanjut Danramil.

Mari kita jaga bersama kenyamanan dan keamanan di kabupaten Jayapura ini, dimana satu -satunya kabupaten di Provinsi Papua ini yang aman adalah kabupaten Jayapura, itu karena komitmen kita bersama untuk menjaga kabupaten ini, tidak hanya TNI / Polri melainkan Pemerintah maupun semua elemen masyarakat, tegas Danramil.

Saya berharap pada kita semua apabila ada hal – hal yang dilakukan oleh TNI / Polri maupun Pemerintah mari kita dukung agar tercapai dua kegiatan besar ini yaitu GO ADIPURA dan Menyukseskan PON 2020, kita dukung dua kegiatan tersebut tanpa memandang dari suku mana dan dari agama mana tetapi kita dari bangsa yang sama yaitu bangsa Indonesia, tutup Danramil.

Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, SH., SIK., MH., M.Si memberikan sabutannya ucapan terimakasih telah hadir di kegiatan deklarasi damai pada pagi hari ini sekedar menyampaikan di tengah – tengah kita telah bergabung anggota Brimob sebayak 1050 personil dari 4 (empat) Polda yaitu Sumbar, Sumsel, Riau dan Kepri yang bertujuan bukan untuk menakut – nakuti atau memanaskan situasi melainkan untuk menjaga Kabupaten kita ini agar situasi keamanan dan ketertiban dapat tetap kondusif.

“Patut memanjatkan puji dan syukur atas berkat Tuhan yang mahakuasa yang mana pagi hari ini kita dapat melaksanakan kegiatan deklarasi damai dan juga melaksanakan kerja bakti dalam rangka Go Adipura maupun mensukseskan PON 2020 di Kabupaten kita ini”, kata Kapolres.

Kegiatan ini merupakan suatu rangkaian proses menjaga kedamaian di tanah Papua oleh karena itu kita jangan pernah bosan untuk menebarkan kedamaian di tengah – tengah cobaan yang sedang kita hadapi bersama dan Harus dapat kita tunjukkan di bumi kenambai umbai ini bahwa kita dapat menjaga bersama keamanan ini dengan menunjukkan hal yang mendasar yaitu Zona Integritas toleransi umat beragama, lanjut kapolres Kami mau menyampaikan kepada bapak ibu sekalian terkait penggunaan media sosial kita tidak perlu terprovokasi dan terpancing terhadap isu-isu yang ada tentunya kami hadir di kabupaten ini untuk menjaga oleh karena itu bapak ibu dapat berkoordinasi dengan aparat yang berwenang terkait situasi kabupaten kita ini, tutup kapolres.

Usai sabutan Kapolres Jayapura dilanjutkan Pembacaan Pendeklarasian kesepakatan bersama dalam rangka Papua tanah damai yang dipimpin oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE., M.Si dan diikuti Tokoh Agama Penatua Marthinus Done. Penatua Marthinus Done, Tokoh Masyarakat H. Karim, Tokoh Perempuan Veronica Felle, Ketua FKUB Kab. Jayapura Pdt. Hosea Taudufu, S.Th. dilanjutkan Penandatanganan naskah kesepakatan bersama oleh Forkopimda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, Paguyuban dan peserta deklarasi.

Isi naskah kesepakatan bersama adalah KAMI WARGA NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA DI TANAH PAPUA DENGAN BERAGAM SUKU, BAHASA DAN ADAT ISTIADAT BERSEPAKAT MENYATAKAN : A. MENJAGA PERSATUAN DAN KESATUAN DI TANAH PAPUA; B. HIDUP BERDAMPINGAN, DAMAI DENGAN PENUH KASIH SAYANG; C. TIDAK TERPENGARUH OLEH ISU – ISU YANG TIDAK BENAR; D. MENOLAK KELOMPOK SEPARATIS DAN RADIKAL DI TANAH PAPUA.

Bupati Jayapura didampingi oleh Kapolres Jayapura, Mewakili Dandim 1701 Jayapura Danramil Sentani menyerahan alat kebersihankepada KNPI Kabupaten Jayapura. Ketua FKUB Kab. Jayapura Pdt. Hosea Taudufu, S.Th. memimpin Doa penutup, yang dilanjutkan dengan kegiatan kerja bhakti atau pembersihan di lokasi – lokasi yang telah ditentukan, situasi dalam keadaan aman dan kondusif.

Penulis : Nov/Monti Libas

Editor   : Fikri

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90
BACA JUGA  ORGANISASI PERAUDARAAN SETIA HATI TRATE (PSHT) LAKUKAN PENGGALIAN DANA BUAT KORBAN BENCANA ALAM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *