Camat Bulok Hadiri Musdes Penetapan Hari Jadi Pekon Gunung Terang

Tanggamus-koranlibasnews.com Baru- baru ini Unsur muspika Bulok menghadiri acara Musyawarah Desa (Musdes) acara berlangsung di Aula Pekon Gunung Terang dengan dihadiri oleh forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkompimcam), unsur pemerintah Pekok,Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda,Tokoh Adat,BUM -Pekon,Karang Taruna,Sanggar Kesenian Pekon,dan unsur lainya .

Pada sambutannya, Camat Bulok Koroisin.SE mengapresiasi kegiatan Musdes yang diselenggarakan oleh Pekon Gunung Terang juga BHP yang dihadiri oleh seluruh unsur yang ada di Pekon Gunung Terang

Bacaan Lainnya

Beliau juga mengharap agar dalam pelaksanaan Musdes seluruh pihak berpartisipasi dalam mengusulkan dan menyusun perencanaan Penetapan hari jadi atau hari lahir Pekon Gunung Terang.

libasIMG-20210704-WA0007

Musdes perencanaan merupakan salah satu tahapan mekanisme perencanaan penetapan hari jadi Pekon Gunung Terang.

Memantapkan persiapan, Pekon Gunung Terang dan BHP menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama tokoh dari semua pemangku .

Di sela-sela Musdes Camat Bulok Menurut dia, RDP harus dilakukan dengan semua tokoh. Dan hari ini Pihaknya bisa mendengar, meminta saran, dan persetujuan semua tokoh dari masing-masing Pemangku.

Camat Bulok menjelaskan, dalam Permendagri Nomor 1 Tahun 2017 tentang Penataan Desa/Pekon sudah sangat jelas memuat persyaratan pemekaran Desa/Pekon atau hari lahirnya Pekon ini.

Sementara itu Kepala Pekon Gunung Terang mengatakan RDP untuk melaksanakan prosedur berdasarkan perintah UU dan regulasi lainnya.

RDP menghadirkan perwakilan pemerintah Pekon, BHP beserta anggota ,tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama, Babinsa, Bhabinkamtibmas,serta PDP Kecamatan Bulok.

Dengan mengusung tema Mencari Jati Diri Pekon Gunung Terang ” JAS MERAH “jangan sekali-kali meninggalkan sejarah !

libasIMG-20210704-WA0014

Menilisik sejarah Pekon Gunung Terang salah satu Pekon tua di kecamatan Bulok Kabupaten Tanggamus yang sampai saat ini yang belum memiliki identitas tanggal dan bulan lahirnya Pekon Gunung Terang ,akan tetapi untung tanggal lahir sudah ada ,kepastian yang bersumber dari Lamban Balak Keraton Kepenyimbangan Adat Pekon Gunung Terang yang bergelar Sutan Paksi Marga Tungau.

Dan Alhamdulillah hasil Musdes juga hasil Rapat Dengar Pendapat tersebut menghasilkan kesepakatan dan menetapkan hari jadi Pekon Gunung Terang jatuh pada hari Jumat tanggal 19 Agustus 1864 M bertepatan dengan tanggal 16 Raibul Awal 1281 H.pungkasnya

Penulis : Cipung Libas

Sumber : Pekon Gunung Terang

Editor   : Redaksi

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90
BACA JUGA  Kades Raancajaya Pimpin Pembagian BLT DD Tahap 7 & 8

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar