BUPATI SERGAI JADI NARASUMBER PADA ACARA PRA KONGRES SUNGAI KE 4 TAHUN 2019

Sergai-Koranlibasnews.com
Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman jadi Narasumber dalam acara Pra Kongres Sungai ke 4 tahun 2019. Acara digelar diAula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati Serdang Bedagai di Sei Rampah Kab. Serdang Bedagai (Sergai) Prov. Sumatera Utara, pada hari Kamis (14/03/2019).

Hadir dalam acara, Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman, Sekertaris Jendral Kongres Sungai Indonesia Ir Agus Gunawan Wibisono, Guru Besar dan anggota Senat Akademik USU bidang Keahlian Ilmu Tanah dan Pengelolaan DAS Prof. Dr. Abdul Rauf, mewakili BWS Perwakilan Sumut, Penulis Yudistira AN Massardi, para Asiaten, Staf Ahli Bupati serta Kepala OPD Sergai, BITRA Indonesia, Perhiptani, kelompok Rampah Bersatu, para Organisasi pecinta sungai dan Pelajar.

Bacaan Lainnya

Dalam Paparannya, Bupati Ir. H. Soekirman menyampaikan, kita semua harus lebih menjaga sungai, sebab saat ini sebagaimana kita saksikan sungai mulai rusak, terlihat dari berbagai sungai yang ada di Sumatera Utara terkhusus Sergai. Sungai-sungai kini terlihat begitu luar biasa sampah yang melintasinya. Banyak Ibu rumah tangga yang mencuci di bantaran sungai, memanfaatkan sungai untuk kebutuhan keluarga, namun dengan semakin banyaknya sampah membuat para kaum ibu terganggu dalam pemanfaatannya, katanya.

Lanjutnya, Pada tahun 70an terdapat sekitar 23 jenis ikan yang mendiami perairan Sergai, namun pada tahun 2006, ikan ikan tersebut mulai punah dan kini tinggal 7 jenis ikan saja, itu pun ada satu ikan yang kami belum tau apa guna dan manfaatnya serta nilai ekonominya, kami di Sergai menyebutnya dengan nama Ikan sapu sapu, ungkap Bupati.

BACA JUGA  DINAS SOSIAL KAB PADANG LAWAS TAK PEDULIKAN KARANG TARUNA.

Lanjutnya lagi, Mengingat dahulu, di Sungai Rampah banyak sekali orang yang memancing dan mencari udang di sepanjang sungai mulai dari masyarakat sekitar hingga masyarakat di luar Tanah Bertuah ini. Saat ini para pencari ikan dan pemancing sangat jarang sekali di jumpai di sekitaran sungai rampah.

Dengan demikian, jika kita merestorasi sungai-sungai yang mulai sakit tersebut, bukan tidak mungkin akan banyak makhluk hidup yang akan kembali mendiami sungai sehingga meningkatkan ekosistem alam yang bermanfaat bagi keberlangsungan hidup manusia di massa yang akan datang, terangnya.

Kembali ditambahkan Bupati Soekirman, bahwa pemerintah memiliki rencana akan menjadikan Sungai Rampah menjadi Objek Wisata sungai yang menyajikan beragam jenis transportasi air, wahana permainan air serta beragam jenis makanan yang dapat dinikmati setiap pengunjung, katanya.

Masih pak bupati, Dalam kesempatan ini, saya mengingatkan kepada para Guru untuk lebih meningkatkan pengajaran kepada siswa-siswi betapa pentingnya Hidrologi. Manusia tak akan bisa bertahan hidup tanpa adanya air. Namun dengan beragamnya masalah sungai saat ini, kami juga memiliki Wisata Sungai Bah Bolon, yang menawarkan objek wisata Arung Jeram, pengunjungnya pun berasal dari dalam dan luar daerah, namun kini banyak orang yang tidak bertanggung jawab melakukan penambangan di Sungai tersebut,Jadi jika kita mau bekerjasama dalam menanggulangi sungai yang telah sakit itu belum terlambat walau kita menduduki tempat kedua setelah Cina dalam hal sampah plastik, kita harus tetap optimis pasti akan berhasil”, kata Bupati.

Bupati juga berpesan, Jangan jadikan sungai sebagai latar belakang rumah, namun jadikan sungai sebagai latar depan rumah, agar pencemaran sungai dapat terhindari, pesannya.

Di akhir acara Bupati Sergai Ir H Soekirman bersama peserta menandatangani Komitmen bersama Pra Kongres Sungai Indonesia, Kabupaten Serdang Bedagai dengan tema pengelolaan Sungai Kabupaten Serdang Bedagai dalam rangka mewujudkan sungai sebagai pusat peradaban bagi peningkatan kualitas hidup manusia.

BACA JUGA  Posko Gugus Tugas Covid-19 Terima Bantuan Dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumatera Utara Bersama DPK Apindo Sergai

Penulis : Markus libas

Editor   : Fikri

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *