Balitabngda Tolitoli dan Tim Ahli Untad Lakukan Kajian Potensi Wisata Pulau Pandan di Ogodeide

TOLITOLI-koranlibasnews.com Bupati Tolitoli Amran Hi.Yahya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Moh. Asrul Bantilan, S. Sos membuka secara resmi Seminar Pendahuluan Penelitian dan Pengembangan Pariwisata yang dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Tolitoli bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Tadulako Palu di Hotel Mitra Selasa, (25-10-2022).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Tolitoli Syafrudin, S.T., M. Eng mengatakan kegiatan ini adalah seminar awal pelaksanaan dan penelitian serta kajian pengembangan objek wisata Pulau Pandan di Desa Sambujan.

Bacaan Lainnya

Dikatakan, Pulau Pandan Desa Sambujan memiliki potensi wisata sangat besar dengan kondisi alam yang masih alami, namun pada saat ini objek wisata tersebut belum berkembang karena belum adanya akses jalan yang baik menuju objek wisata tersebut, sehingga perlu dilakukan kajian terlebih dahulu untuk melakukan pengembangan objek wisata tersebut.

Kajian yang dilakukan oleh tim ahli Universitas Tadulako bersifat komperhensif, dikaji melalui aspek ekonomi, sosial, dan budaya sehingga hasil yang akan didapatkan akan menjadi acuan dan rekomendasi dari OPD teknis dalam rangka pengembangan wisata.

Waktu pelaksanaan kegiatan penelitian ini berlangsung 2 bulan dari bulan Oktober sampai November.

Sementara itu, sambutan Bupati Tolitoli Amran Hi.Yahya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah mengatakan wisata merupakan harapan kita untuk peningkatan pendapatan asli Daerah dan bisa menciptakan lapangan kerja.

“Atas nama pemerintah dan pribadi menyambut baik dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini dan diharapkan bisa meningkatkan komitmen pemerintah Daerah dan lintas sektor untuk berperan aktif dalam menggali dan mengembangkan potensi pariwisata yang berada di kabupaten tolitoli,” kata Asrul Bantilan.

BACA JUGA  Dandim 0420/Sarko Hadiri Upacara Ziarah Nasional Hari Pahlawan

Dikatakan pula, Kabupaten Tolitoli memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan diberbagai Desa, terbukti dari salah satu Desa di Kabupaten Tolitoli yaitu Desa Malangga Kecamatan Galang dan menjadi salah satu Desa wisata masuk kategori anugrah Desa wisata Indonesia peringkat 50 besar serta saat ini masih dalam tahap penilaian anugrah Desa wisata Indonesia yang pada hari Minggu ini di Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI akan dilaksanakan penganugrahan serta mengundang semua Desa yang masuk 50 besar.

Diakhir sambutan dikatakan semoga dengan penelitian dan pengembangan objek wisata baru di Desa Sambujan Kabupaten Tolitoli dapat mengikuti jejak Desa Malangga, dengan adanya keterlibatan tim ahli dari Universitas Tadulako bisa membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli untuk meningkatkan potensi destinasi wisata di Desa Sambujan Kecamatan Ogodeide.

Turut hadir Ir. Gatot Timbang, S.T., M.T sebagai narasumber, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tolitoli, Sekretaris Dinas Perindustrian Kabupaten Tolitoli, Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat Kabupaten Tolitoli, Camat Ogodeide, Dosen Universitas Tadulako Palu Dr. Hasian Marto, S. Pd, M. Pd, Perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tolitoli, Perwakilan Dinas Pariwisata Kabupaten Tolitoli serta Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM).

Sumber : Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli.

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *