Warga SAD Rasakan Manfaat Program TMMD

Sarolangun-koranlibasnews.com “Program TMMD 106 Kodim 0420 Sarko yang dilaksanakan di Desa Lubuk Jering Kecamatan Air Hitam, selain dampaknya dirasakan oleh masyarakat, ternyata warga Suku Anak Dalam (SAD) juga turut merasakan manfaat program tersebut.

“Betepa tidak, jalan rabat beton yang dibangun sepanjang 4200 meter ternyata membawa manfaat bagi warga SAD untuk mengeluarkan hasil hutan, seperti rotan dan hasil buruan.

Pantauan media ini, para wanita SAD tampak bahu membahu mengeluarkan rotan dari kawasan Taman Nasional Bukit Dua Belas (TNBD), karena dengan dikeluarkannya rotan tersebut, mereka dapat menopang kebutuhan keluarganya.

Seorang wanita SAD yang berhasil dibincangi mengaku sangat berterima kasih terhadap TNI yang telah membangun jalan rabat beton tersebut. “Terimo kasih nian, dengan jalan ini, kami biso ngeluarkan hasil hutan untuk kami jual,” ungkapnya

dengan logat bahasa SAD. Ia juga mengatakan, sebelum dibangunnya jalan rabat beton tersebut, Ia bersama wanita SAD lainnya sangat kesulitan untuk mengeluarkan hasil hutan untuk dijual. “Kalau sebelumnyo kami ni agak payah kalau nak bawak rotan, untung ado jalan ni,” ujarnya.

Perlu diketahui, pembangunan jalan rabat beton dan jalan makadam di TMMD 106 Kodim 0420/Sarko kali ini difokuskan pada jalan dari lokasi madani Suku Anak Dalam ke lokasi Suku Anak Dalam yang mendiami Kawasan TNBD, dan hingga saat ini pembangunan jalan tersebut masih berlangsung Pungkasnya.

Penulis : Basori/Pen libas

Editor   : Fikri

BACA JUGA  Dansatgas TMMD ke 111 Lakukan Bakti Sosial "DOOR-TO-DOOR".

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.