Tingkat Kan Pelayanan Puskesmas Batang Asai Butuh Ambulance Tambahan

Sarolangun-koranlibasnews.com
Terus tingkatkan pelayanan masyarakat,Puskesmas induk kecamatan batang Asai butuh 1 unit ambulance sebagai tambahan,senin(15/07).

Kepala puskesmas(Kapus) Induk Batang Asai Darimi SKM,terus tingkat kan pelayanan masyarakat dibidang kesehatan setelah Puskesmas Batang asai peroleh Akreditasi tingkat Madya tingkat provinsi,pada 13 oktober 2018 lalu.

Bacaan Lainnya

Salah satu usaha yang dilakukan adalah,kegiatan rutin mingguan turun langsung kedesa sosialolisasi pencegahan penyakit dan perobatan gratis bagi setiap masyarakat”Rutin setiap minggu kita turun ke Desa Desa yang ada di kecamatan Batang Asai”ujarnya kepada awak media diruang kerjanya,senin(15/07).

Untuk meningkatkan pelayanan tersebut,tentu didukung kendaraan operasional puskemas keliling yang telah dimiliki.Akan tetapi,dijelaskan Darimi SKM, terkadang sangat menjadi kendala dan hambatan di lapangan,dengan kondisi jarak tempuh antar Desa cukup jauh,dan kurang lebih 100 Km dari pusat kabupaten Sarolangun.

Tentu bulan tidak ada kendala,ketika digunakannya mobil puskesmas keliling untuk sosialisasi,perobatan gratis di Desa atau kegiatan rutin di Dinas kesehatan kabupaten sarolangun.Seharusnya di puskesmas induk standbay 1 kendaraan ambulance untuk melayani keadaan darurat.

Dikhawatirkan,diceritakan sedikit oleh Darimi SKM selaku Kapus,pernah terjadi beberapa tahun yang lalu ketika mobil puskesmas keliling digunakan untuk operasional,diwaktu yang sama masyarakat sedang darurat butuh mobil ambulance,sangat kewalahan.Karna jarak tempuh yang cukup jauh dan komunikasi yang terbatas.

“Terkadang sangat kewalahan kendaraan puskesmas keliling sedang digunakan untuk pelayanan di Desa atau kegiatan rutin dikabupaten,ada keadaan darurat masyarakat butuh ambulance segera,disini saya selaku Kapus sangat kewalahan”ujar Darimi.

Kita berharap,uluran tangan dari pemerintah kabupaten sarolangun khususnya Dinas kesehatan.Agar bisa mengabulkan dan berikan bantuan 1 unit mobil ambulace yang memang sangat dibutuhkan Mengingat medan jalan yang sulit dan jarak tempuh yang cukup jauh.

Sangat berharap sekali kepada pemerintah,khususnya dinas kesehatan kabupaten,mudah mudahan bisa ulurkan tangan terkait mobil ambulace”kata darimi.

Terpisah,ketika wawancara diruang kerjanya,Camat kecamatan Batang Asai Arpan sangat mendukung dan sangat mengharapkan perhatian pemerintah kabupaten agar terkabulnya kebutuhan tersebut.

karena memang medan jalan yang sulit serta jarak tempuh yang cukup jauh,dan terbatasnya kendaraan operasional,tentu menjadi kendala pihak Puskesmas dilapangan,terutama pelayanan kepada masyarakat khususnya di kecamatan batang Asai.

“Memang sudah ada beberapa Desa yang membeli mobil ambulance melalui Dana Desa,tapi tidak bisa kita pungkiri puskesmas induk juga butuh kendaraan ambulance tambahan,mengingat jarak tempuh antar desa menempuh medan yang sulit,juga jarak tempuh ke pusat kabupaten jika ada rujukan lebih dari 100 km”tambahnya.

Penulis : Pen Libas

Editor    : Fikri

BACA JUGA  H Al Haris : Merangin Masih Aman Karhutla

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.