SMKN 1 Toraja Utara, Salah Satu Sekolah Revitalisasi di Sulsel

Toraja Utara, koranlibasnews.com – Sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) 1 Toraja Utara adalah salah satu dari 6 sekolah revitalisasi di provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala UPT SMKN 1 Toraja Utara, Amin Fathoni mengungkapkan, ada 1 program keahlian yang sedang revitalisasi.

Bacaan Lainnya

Menurut Amin Fathoni, revitalisasi adalah mengembalikan posisi sekolah pada fungsi dan peran yang sebenarnya.

“Misalkan SMK itu kan perannya mempersiapkan anak untuk terjun ke dunia kerja, jadi kurikulum itu disetting menyamai tuntutan pasar, di Sulawesi Selatan ada 6 sekolah revitalisasi, termasuk sekolah kami, jadi satu-satunya sekolah revitalisasi yang ada di Toraja Utara,” ungkap Amin Fathoni, Jumat (7/12/2018) di ruang kerjanya.

Disebutkan, Revitalisasi ada 2 bagian, fisik dan non fisik. Fisik misalnya kalau membangun, menambah apa yang dianggap perlu seperti peralatannya. Untuk non fisik, kurikulumnya disesuaikan.

“Makanya ini ada hadir dari Jakarta, pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan atau istilahnya P4TK SMK bidang bisnis dan pariwisata, yang memantau penyesuaian kurikulum. Kurikulum itu kan seperti menu bumbu masakan yang mau dipakai. industri kan juga begitu, jadi sekarang yang kami kembangkan yaitu pemasaran,” sebutnya

Ditambahkan, baru-baru ini SMKN 1 Toraja Utara, memorandum of understanding (MOU) dengan PT. Medi Utama

“PT. Medi Utama itu yang mengelola Alfimidi di seluruh Indonesia. kami punya Alfamidi kelas, kami punya Alfamidi toko, jadi siswa itu belajar di kelas, mereka juga praktek seperti di Alfamidi,” tandasnya.

BACA JUGA  WARGA PEKON (DESA) SUKAMULYA HARAPKAN PERBAIKAN JALAN

Penulis : Arie

Editor   : Yanto

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *