SAAT KEMARAU PETANI SAWAH TADAH HUJAN HARAPKAN POMPA AIR

Subang-Koranlibasmews.com Menyusul minimnya curah hujan selama dua bulan terakhir menyebabkan 75 Ha lahan sawah produktif di tiga dusun yakni dusun Bakan asem 1,Bakan asem 2 dan tanjung,desa tanjung rasa Kidul kecamatan patokbeusi terancama menjadi kekeringan.

“Sudah dua bulan lebih ratusan petani kesulitan memperoleh air untuk areal persawahan padahal tanaman padi rata-rata sudah tanam dengan kondisi benih padi yang telah berusia di atas 20 hari,”ungkap Kades DIDI ROHADI.

Bacaan Lainnya

Libasimg-20190618-wa0025Adapun ketiga  dusun  yang terancam kekeringan tersebut yaitu dusun bakan asem 1kisaran 30 Ha. Blok sinyal, dusu bakan asem 2 kisaran 20 ha blok kosambi, dusun tanjung 25 ha blok albasiha, Selama ini ratusan petani di desa tanjung rasa Kidul pada umumnya mengandalkan suplai air dari tersier barugbug Akan tetapi air mulai menipis maka kesulitan memperolehnya.

Libasimg-20190618-wa0023Apalagi ada sebagian lahan sawah di desa tanjung rasa Kidul mengandalkan tadah hujan.

“Hasil pengecekan memang rata-rata lahan persawahan terancam kekeringan,” jelasnya.

Tak hanya itu saja, hasil pemantauan areal persawahan di desa tanjung rasa Kidul dengan usia tanam rata-rata baru tiga pekan lebih menyebabkan kebutuhan air yang mesti dipasok atau suplai secara prioritas.

ATIM (50) salah satu petani padi di dusun bakan asem 1 blok sinyal Desa tanjung rasa Kidul, kecamatan patokbeusi kabupaten subang kepada Awak Media Libas News selasa  (18-06-2019), mengatakan dirinya lahan sawah yang sudah di tanami padi mulai mengering .

BACA JUGA  Panitia Qurban Remaja Masjid Jamie Nurul-Iman Sembelih 7 Ekor Kambing Dan Sapi 1 Ekor

“Jangankan areal persawahan kami, kali pembuangan dan sungaipun yang biasanya dipergunkan untuk mengaliri areal persawahan saat ini juga mulai mengering,” ujarnya.

“Dengan kondisi kemarau saat ini, kami para petani mengharapkan adanya bantuan mesin pompa air agar dapat mengairi sawah,” harapnya.

ATIM (50)  menambahkan kondisi kemarau saat ini dampaknya cukup dirasakan, karena dirinya yang belum lama panen padi, hasilnya cukup merosot.

Dari lahan sawah yang dimilikinya biasanya dapat mengahasilkan 6 ton gabah, kini hanya 4 ton gabah saja.pungkasnya

Penulis : Uta libas

Editor   : Fikri

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *