Program Kegiatan BID Region 1 Digelar, Tersaji Inovasi Lokal Dan Nasional

Toraja Utara-Koranlibasnews.com Salah satu program kegiatan pokok Inovasi Desa/Lembang yaitu Bursa Inovasi Desa (BID), digelar di kantor Kecamatan kesu’, Kabupaten Toraja Utara, jumat (2/8/2019).

Acara tersebut khusus untuk region 1 yang terdiri dari 6 Kecamatan, Rantebua, Buntao’, Kesu’, Sanggalangi, Sopai, dan Kecamatan Denpina. Di BID ini menyajikan inovasi lokal dan nasional dengan Tema “Desa Mandiri, Unggul, dan Berdaya Saing”. Tenaga ahli

Bacaan Lainnya

Libasimg-20190804-wa0012pemberdayaan masyarakat Desa, Agus Talling mengatakan, tujuan dari BID ini agar pemerintah lembang merevikasi atau memilih minimal 1 inovasi yang menjadi kegiatan Lembang di tahun 2020.”karena ini merupakan pertukaran inovasi, mereka juga menyampaikan inovasi apa yang sudah mereka lakukan di Lembang.

Nanti itu akan dilakukan Cupturing dibuatkan dokumen pembelajaran inovasi yang mereka sampaikan itu untuk dibuatkan menu di tahun 2020,” ungkap Agus.

Lanjutnya, Lembang itu, dalam penggunaan dana Desa harus lebih maksimal, sehingga diperlukan inovasi-inovasi baru yang harus dilakukan dengan komitmen di Lembang. “selama ini kan biasanya terfokus ke Rabat Beton. Karena ada 3 bidang ini, Bidang Infrastruktur, Kewirausahaan, dan bidang SDM,” jelasnya.

Sementara, Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang mengatakan, acara ini juga mempunyai tujuan utama membangun sebuah komitmen dalam artian bahwa BID ini mempunyai satu tujuan dalam satu proses pengembangan produk-produk unggulan atau sesuatu hal yang bisa dikembangkan disetiap Lembang. “intinya bahwa ada suatu semangat, suatu komitmen yang dibangun untuk mensejahterakan masyarakat di masing-masing wilayah tersebut.

dengan adanya kegiatan seperti ini sudah membangun sebuah komitmen dalam artian mencari dan menciptakan suatu hal yang bisa bermanfaat bagi masyarakat di masing-masing wilayah tersebut. Dengan harapan, Kemajuan-kemajuan yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terang Wakil Bupati Torut.

Penulis : Arie Libas

Editor   : Fikri

BACA JUGA  Upaya Kades Langkura Bersama Tokoh Pemuda Tingkatkan Perekonomian Warga

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.