Pimpinan Redaksi Media Libas News Hadiri Walimatul Nikah Putri Darhudi

Tanggamus-koranlibasnews.com Pimpinan redaksi (Pimred) Surat Kabar Umum (SKU) Media Libas News FIKRI YANTO.SH dan jajaran redaksi menghadiri acara syukuran dan walimatul Nikah putri dari Saudara Darhudi dipekon Babakan kabupaten Tanggamus minggu 13/12/2020.

FIKRI YANTO.SH menyampaikan ini merupakan bentuk kekeluargaan antar sesama wartawan Media Libas News. 

Bacaan Lainnya

Wartawan Media Libas News adalah satu keluarga yang menjadi satu, seperti halnya satu badan Ucapnya Menyambung silaturahim harus terus di lakukan semuanya wartawan agar komunikasi terjalin dengan baik Imbuhnya.

LibasIMG20201213090458

Walimatul Nikah di isi dengan Pincak Silat PagarUyung (Lintau) yang Diketuai Oleh Saudara Rijani (RIJUT) acara arak-Arakan pengantin ini merupakan tradisi yang digelar oleh masyarakat Pekon Babakan Kabupaten Tanggamus dalam perhelatan Nikah ,silat yang dilakukan ini untuk menyambut pengantin laki-laki dan Pengantin Perempuan menuju kepelaminan.

Masih kata Rijani Tidak hanya itu Silat Pagaruyung (Kuntau) Ini bisa juga diperuntukan penyambutan tamu-tamu besar yang datang ke negeri kabupaten Tanggamus ini. 

Jenis Silat Pengantin beragam tergantung dari Aliran masing-masing daerah setempat, namun Silat Pengantin ini masih dapat ditemui disetiap perhelatan maupun acara besar dan kegiatan pemerintahan dalam penyambutan Tamu.

Silat Pengantin dilakukan pada saat perhelatan acara nikah pada rangkaian tata cara adat perkawinan di Tanggamus Khususnya Dipekon Babakan namun juga dilakukan pada saat menyambut tamu-tamu besar.

Pada rangkaian Tata cara Adat Perkawinan di Pekon Babakan kabupaten Tanggamus Pincak Silat Pagaruyung ini biasanya dilakukan pada kegiatan mengantar pengantin laki-laki ke rumah pengantin perempuan. 

Ketika sampai di rumah mempelai perempuan, rombongan pengantin laki-laki disambut dengan kegiatan bersilat dari kedua belah pihak untuk beberapa menit.

oleh beberapa orang yang diiringi musik pengiring yaitu Gendang terbangan panjang sebanyak 15 (lima Belas) buah, Gong dan kecrek. 

Ini melambangkan suatu simbol bahwa pengantin datang ke tempat yang aman dari segala musuh.

Pada awalnya Pesilat berhadapan di depan Pengantin Laki-laki atau tamu melakukan sembah awal atau menjunjung sembah sebagai penghormatan bagi Pengantin atau tamu.

Penulis : Panca Libas

Editor : Red

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90
BACA JUGA  Desa Sumberwrigin Di Obok - Obok Maling Dalam Semalam 4 Ekor Sapi Hilang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *