PEMKO TEBING TINGGI DAN KODIM 0204/DS GELAR KEGIATAN WAWASAN KEBANGSAAN DAN BELA NEGARA

Tebing tinggi-koranlibasnews.com
Pemko Tebing Tinggi bekerja sama dengan Kodim 0204/DS menggelar kegiatan pemantapan pemahaman pelaksanaan kebijakan di bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dengan tema “Generasi Muda Menghadapi New Normal di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Aktualisasi Nilai-Nilai Kebangsaan”. Kegiatan digelar di Gedung Mangampu Tua Jl. Prof. Dr. Hamka Kota Tebing Tinggi, Rabu (08/09/2021).

Acara dibuka oleh Wakil Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Oki Doni Siregar, M.M yang pada kesempatan ini beliau mengatakan rakyat Indonesia harus siap menghadapi tantangan ancaman dari pihak luar karena kekayan SDA yang berlimpah serta keragaman suku bangsa.

Bacaan Lainnya

libasIMG-20210909-WA0022

“Negara kita adalah negara kaya yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah. Namun kekayaan yang kita miliki ini membuat kita terancam karena semakin menipisnya sumber daya mineral di bumi, maka negara-negara lain akan melihat ke negara yang masih memiliki kekayaaan yang berlimpah salah satunya Indonesia.
Indonesia juga kaya akan ratusan etnis, suku bangsa dan bahasa serta agama.

Keanekaragaman tersebut begitu rentan untuk ditebarkan isu-isu perpecahan yang ditebarkan namun sampai saat ini Insya Allah dengan izin Tuhan Yang Maha Kuasa kita masih berada dalam satu kesatuan NKRI.” Jelas Wakil Wali Kota.

Beliau juga mengingatkan kondisi Pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh terhadap stabilitas keamanan dalam suatu negara sehingga diperlukan upaya yang keras dan disiplin agar mampu bertahan.

libasIMG-20210909-WA0020

“Wabah pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi lini kehidupan khususnya sektor ekonomi. Ekonomi akan sangat mempengaruhi stabilitas keamanan dan stabilitas politik suatu negara, jika kita tidak memahami bahaya ini maka orang lain akan membuat propaganda maka terjadilah kekacauan.”

Wakil Wali Kota juga berharap kepada seluruh peserta dan generasi muda agar dapat menjadi promotor memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Saya berharap setelah kegiatan ini anak-anak dan seluruh peserta agar menjadi garda terdepan untuk menjadi promotor memutus mata rantai penyebaran Covid-19, semakin cepat kita memutus mata rantai Covid-19 maka semakin cepat pulihlah ekonomi kita, maka akan tercapai stabilitas keamanan dan stabilitas politik di Indonesia.”

Diakhir arahannya, Wakil Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Oki Doni Siregar, MM juga meminta kepada seluruh peserta untuk mengikuti rangkaian acara dengan sungguh-sungguh, khususnya pemahaman tentang 4 Pilar Negara yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945

“Jangan lupakan 4 Pilar Negara yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945. Bapak-bapak Pendiri Bangsa ini telah merumuskan Pancasila yang telah mampu mempersatukan negara ini yang terdiri dari berbagai etnis, suku, bahasa dan agama berada dalam NKRI.”

“Ikutilah acara ini dengan sungguh-sungguh karena kalianlah yang akan menjadi penerus tongkat estafet dalam bangsa dan negara. Mudah-mudahan kegiatan ini mampu membentuk karakter diri untuk menjadi pribadi yang cinta tanah air dan menekankan betapa pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan.” pintanya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kesbangpol Kota Tebing Tinggi Zubir Husni Harahap dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memantapkan pemahaman dalam pelaksanaan kebijakan di bidang ideologi wawasan kebangsaan, bela negara, karakter bangsa, pembauran kebangsaan, Bhineka Tunggal Ika dan Sejarah Kebangsaan bagi generasi muda. Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari, yaitu 8-9 September 2021 yang peserta terdiri dari pelajar SLTA Sederajat se-Kota Tebing Tinggi.

Turut hadir pada kegiatan ini Kasdim 0204/DS Mayor Infantri Toto Rianto mewakili Dandim 0204/DS, Kacab Dinas Pendidikan Sumut Sei Rampah Drs. Yeddi Efendi Sipayung, M. Pd., Danramil 13/TT Kapten Infantri Budiono, Camat se-Kota Tebing Tinggi, Kepala SMA/SMK Negeri se-Kota Tebing Tinggi.

Penulis : Markus Libas

Editor : Redaksi

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90
BACA JUGA  MENAJEMENT RSUD SIBHUAN HANYA BAYAR 4 BULAN HONOR YANG TERTUNDA

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *