Pemdes kadawung Gelar Musrenbang untuk Tahun Anggaran 2019

Subang (Jawa Barat) libasnews.com – Sesuai amanat Undang-undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa serta peraturan dan regulasi dibawahnya, Pemerintah Desa Kadawung Kecamatan Pabuaran Kabupaten Subang, Jawa Barat. melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbang Desa) Tahun 2018 untuk perencanaan tahun anggaran 2019, Jum’at (19/01/2018) di Aula Kantor Desa kadawung.
Kegiatan dihadiri unsur Pemerintah Kecamatan pabuaran yang di wakilkan sekmat pabuaran , Aparatur Pemerintah Desa kadawung, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kepala Dusun, Petugas P3N, para perwakilan Lembaga Kemasyarakatan, Tokoh Masyarakat, Pengurus RT dan RW serta para kader posyandu dan karang taruna desa kadawung .
Turud hadir Kapolsek pabuaran Akp. SUJONO

Pada sesi pembukaan musrenbang tahun anggaran 2019 Kades kadawung ROSMAN SUGANDA menghimbau warga desa kadawung agar meningkatkan partisipasi dalam berbagai sektor dan bidang pembangunan desa. “Maju mundurnya desa kadawung tergantung warga desanya.
Yang lebih tahu kebutuhan warganya adalah warga dan pengurus RT-RW setempat.
Untuk itu, melalui musrenbang ini, silakan diusulkan dan dimusyawarahkan prioritas apa yang bisa didanai desa melalui APBDesa,” jelas Kades.
“Desa kadawung tahun 2017 mendapatkan serapan dana APBD Kabupaten maupun pusat.
Ini merupakan hasil kerja bareng semua pihak,” imbuh Kades. “
Dari unsur pemerintahan kecamatan pabuaran, diwakili Sekretaris Kecamatan DATA memaparkan RPJM Desa merupakan rujukan dalam kegiatan Musrenbang Desa.
“Dari hasil musrenbang desa, nanti muncul skala prioritas pada masing-masing bidang.
Jadi, musyawarah ini sebagai timbangrasa guna memunculkan skala prioritas mana yang disepakati,” tutur Sekmat DATA.
Ia mengingatkan agar musrenbang disertai kelengkapan administrasi sebagai laporan yang akan disampaikan ke BPMPD melalaui Camat pabuaran .
Senada Kapolsek pabuaran Akp SUJONO menghimbau warga desa kedawung agar menghidupkan kembali siskamling .
Pokok acara diisi dengan pemaparan laporan realisasi pembangunan fisik tahun 2017 yang disampaikan Sekretaris Desa kedawung. “Untuk anggaran tahun 2017 semua sudah sesuai juknis di papan pengumuman /spanduk bener,” jelasnya.
Ia memaparkan rencana prioritas untuk tahun 2018 sesuai dengan RPJM Desa yang telah disepakati.
Setelah pemaparan, ia mengajak peserta musyawarah memberikan komentar, saran dan pendapat dan dilanjutkan dengan diskusi serta pembahasan.
Salah satu Kader posyandu Desa kadawung, mengusulkan pembangunan gedung Posyandu. Usulan lainnya disampaikan sejumlah peserta musyawarah. Diantara hal yang diusulkan antara lain : peningkatan pembangunan bidang pendidikan, khususnya pendirian PAUD dan insentif guru PAUD, pembuatan MCK komunal, saluran irigasi untuk kebutuhan pertanian, peningkatan jalan lingkungan serta rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH).
Salah satu tokoh masyarakat, mengusulkan program peningkatan kapasitas kelompok pertanian dan BUMDES.
Ia juga berharap agar PPL Pertanian bisa lebih aktif melakukan pendampingan di Desa kadawung.
Di akhir pembahasan, moderator musrenbang tahun anggaran 2019 menyampaikan beberapa catatan hasil musyawarah yang akan diusulkan melalui APBD Kabupaten ,propinsi dan pusat .( uta )

BACA JUGA  Acara Gerakan Literasi Sekolah 2018 di SMAN 3 Kota Sukabumi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.