LONGSOR DAN BANJIR DI KECAMATAN SOSOPAN. PADANG LAWAS

Padang Lawas-Koranlibasnews.com Banjir menggenangi perumahan warga Di Desa Simaninggir, Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas Senin 27 mei 2019. Banjir tersebut datang dari kawasan lereng gunung yang disebabkan derasnya curah hujan hingga membuat air sungai sosopan meluap dan menggenangi perumahan warga di Desa Simaninggir.

Libasimg-20190527-wa0008Burhnuddin Siregar selaku Kepala Desa Simaninggir saat di komfirmasi Awak media Libas News menyebutkan, ” Terjadi Longsor di Desa Sianggunan satu titik (jalan menuju Lapangan Sianggunan) yang cukup lumayan panjang dan juga longsor terjadi satu titik di Desa Simaninggir tepatnya di depan Kedai kopi Pak Bangun menyebabkan jalan Umun terganggu”. jelasnya.

Bacaan Lainnya

Dia juga menjelaskan “Curah hujan yang cukup deras menyebabkan longsor terjadi dan mengakibatkan Banjir menggenangi pemukiman warga Desa Simaninggir lebih kurung Sepangkal paha orang dewasa dan menggenangi Rumah warga serta Kantor KUA.
Warga sosopan Asmara Syam saat di komfirmasi Mita News menyebutkan “langganan banjir bukan hanya terjadi didesa Simanangir, Di Pasar sosoan juga langganan Banjir asal hujan Deras karena Drainase Pasar sosopan tidak berfungsi dengan baik, masalah banjir di Desa simaninggir, itu adalah daerah aliran sungai (DAS) Dan pemukim warga dekat dengan DAS tersebut dan penyempitan bibir sungai tiap tahun terjadi karena pengaruh seribgnya longsor dari gunung, pernah dulu ada pelebaran dari Pembkab Padang Lawas lebih kurang 50 meter untuk memperlancar aliran sungai tersebut, dan ceritanya ada kendala masalah pembebasan lahan makanya terhenti ” terangnya.

Dia juga mengharapkan agar pemerintahan kecamatan Sosopan beran aktif menjemput bola ke kabupaten Padang Lawas untuk menangani kendala-kendala yang berkaitan dengan Fasilitas Umum terangnya.

BACA JUGA  Wujud 8 Wajib TNI, Satgas TMMD 111 Kodim 0204/DS Bangun Jalan Untuk Sejahterakan Rakyat

Penulis : Leo Libas

Editor   : Fikri

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *