H Al Haris Bikin Merangin Seperti Disulap

Bangko,( Jambi) Libas News.com – Ada yang menarik pada acara Tablik Akbar yang berlangsung di Lapangan Desa Badak Tekurung, Kecamatan Mura Siau kemarin (3/9). Pada acara itu Bupati Merangin H Al Haris, memaparkan keseriusannya membangun Merangin.

Selain itu bupati menegaskan, tiga desa di Kecamatan Muara Siau yaitu Desa Badak Tekurung, Rantau Bidaro dan Air Lago yang disebut ‘Gubuk Nan Tigo’, semua warganya adalah keluarga H Al Haris.

Bacaan Lainnya

‘’Insyallah Januari 2018 atau sekitar Oktober ini, jalan ‘Gubuk Nan Tigo’ akan kita perbaiki. Jalan dari Simpang Badak Tekurung ke Pasar Muaro Siau akan kita lebarkan dan muluskan,’’ujar Bupati.

Diakui bupati, APBD Merangin masih kecil dan belum cukup untuk menyelesaikan permasalahan pembanguna di Kabupaten Merangin. Untuk itu bupati terus berusaha mencari dana ke pusat, untuk bisa mempercepat pembangunan di Merangin.

‘’Alhamdulillah alokasi ADD kita nomor satu  di Provinsi Jambi, yaitu sudah memenuhi 10 persen alokasi untuk ADD. Niat sayo maju di Merangin 2013 dulu adalah bisa membawa Kabupaten Merangin bisa sejajar dengan kabupaten lain,’’tegas Bupati.

Selain itu lanjut bupati, dahulu lapor kinerja Pemerintahan Kabupaten Merangin berada pada  peringkat 267 nasional. Sekarang sudah berada di peringkat pertama di Sumbagsel  dan urutan ketiga di Sumatera dan nomor 51 di tingkat nasional.

Bidang kesehatan, alhamdulillah setiap kecamatan sekarang sudah memiliki puskesmas dan ada yang memiliki puskesmas rawat inap. Begitu juga dengan rumah sakit daerah (RSD) Kol Abundjani Bangko, sudah akreditasi bintang empat.

BACA JUGA  Tiga Hari Hanyut, Ridho Akhirnya Ditemukan Mengapung

‘’Pada  2013 kita hanya  memilkiki tiga orang dokter spesialis, sekarang sudah  ada 14 dokter spesialis. Pada 2013 Merangin menempati peringkat kedua kematian bayi dan ibu,’’terang Bupati.

Untuk itu H Al Haris mengadakan program Mahasiswa Gakin dan alhamdulillah mahasiwa tersebut sekarang sudah kembali ke desa masing masing untuk bekerja dan mengabdi menekan serta menghilangkan angka kematian bayi dan ibu di desa-desa.

Selain itu, sekarang Merangin sudah bisa dikenal dan bisa sejajar dengan kabupaten/kota lainnya, bukan hanya di Provinsi Jambi tapi juga di tingkat nasional. Ini artinya Merangin jauh lebih baik.

‘’Pada 11 September nanti, akan kita gelar Festival Geopark Nasional Merangin. Even ini merupakan salah satu upaya kita dalam mempromosikan wisata-wisata kita di tingkat nasional hingga internasional,’’jelas Bupati.

Untuk itu bupati mengharapkan, agar kepada desa dan perangkat desanya agar selalu rukun dan damai, bahu membahu dalam membangun desa dan ini bisa  terus berkelanjutan kedepannya

(Fikri/M. Sodikin/Teguh/humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.