Ciptakan Kader Nasionalis, GMNI Padang Gelar Kaderisasi Tingkat Dasar

Padang-Koranlibasnews.com Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia(GMNI) Cabang Padang selenggarakan Kaderisasi Tingkat Dasar (KTD) dengan Tema “Pemantapan Ideologi Marhaenisme Sebagai Bagian Perjuangan Bangsa Menghadapi Krisis Identitas Sosial”, 22-24 Maret 2019 di Asrama Haji Lama Kota Padang, Sumatera Barat.

“KTD dalam kegiatan pengkaderan ini diikuti sekitar 30 orang kader yang tergabung dalam GMNI se-Kota Padang, ” Ujar Ketua Pelaksana Bung Jobel.

Menurut Rezki Adminanda Ketua GMNI Kota Padang, KTD ini merupakan program pengkaderan lanjutan dalam organisasi GMNI, peserta yang mengikuti kegiatan ini ialah peserta yang telah melalui tahapan Pekan Penerimaan Anggota Baru (PPAB), setelah mengikuti kegiatan tersebutbarulah dapat mengikuti KTD ini.

“Tujuan dari KTD ini ialah memantapkan kader GMNI dalam mengaktualisasi nilai-nilai ajaran marhaenisme (Bung Karno)dalam kehidupan sehari-hari”. Ujar Ketua Cabang GMNI Kota Padang, Rezki Adminanda.

Ia juga menambahkan dewasa ini Organisasi GMNI ialah organisasi yang sangat relevan dalam perkembangan zaman. Dibalik kemajuan Industri,Revolusi Industri 4.0 ini GMNI berada di garda terdepan dalam merawat keberagaman.Keberagaman dalam artian menjaga keutuhan NKRI dalam bingkai nasionalisme. Karena di moment politikseperti saat ini, Pileg dan Pilpres bukan tidak mungkin terjadi perpecahan akibat berbeda pandangan dalam Pileg dan Pilpres.Sehingga GMNI berada di garda terdepan untuk menjaga keutuhan NKRI ini dalam bingkai Nasionalisme.

“Kader GMNI harus mampu hadir di tengah masyarakat dan menepiskan konflik-konflik perpecahan, karena isu SARA sangat marak dewasa ini apalagi di moment demokrasi (Pileg dan Pilpres) sehingga Organisasi GMNI sangat mantap dan relevan berada di garda terdepan untuk menjaga keutuhan NKRI dalam bingkai Nasionalisme. Kader GMNI juga diharapkan menjadi teladan bagi masyarakat, dimana GMNI mengedepankan persatuan di atas kepentingan pribadi maupun golongan,” Tambah Rezki.

Di dalam Rangkaian KTD ini juga di paparkan beberapa materi Seperti: Metode Berfikir Marhaenisme, Politik Minang Kabau, Nasionalisme Indonesia, Sistem Politik Indonesia serta masih banyak materi lagi yang nantinya berguna bagi kader-kader GMNI untuk dapat mengaktualisasikannya di dalam berbagai situasi dalam Masyarakat Salah satunya saat moment moment pilpres seperti saat ini agar kader GMNI menjadi kader yang idependen serta mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi maupun golongan.

BACA JUGA  Polsek Tarumajaya Sediakan Swab Antigen Gratis Bagi Warga Tarumajaya yang Usai Mudik

Dengan adanya KTD ini pula diharapkan dapat menjadi short course bagi kader GMNI Kota Padang sebagai pelatihan kepemimpinan,pendidikan mental dan penanaman kedisiplinan guna menunjang pembentukan karakter kader yang tidak gamang untuk menjunjung tinggi nilai Persatuan dibawah payung NKRI.

Acara KTD ini berlangsung selama tiga hari dimulai dari hari jumat lalu dan direncanakan ditutup sore ini dengan pelantikan (Pembacaaan Ikrar Kader GMNI). Sebagai kader GMNI yang telah sah dan diharapkan dapat terjun ke dalam masyarakat untuk menjadi agen of change, agen of sosial control, garda terdepan dalam mengawal reformasi serta turut andil dalam setiap permasalahan yang ada agar menjadi kader yang dapat memberikan solusi di dalam masyarakat untuk mewujudkan sosialisme Indonesia. Pembukkaan acara ini sendiri dibuka langsung oleh Sekwan Kep. Mentawai, Halomoan Pardede yang juga merupakan Alumni GMNI Medan.

Lebih lanjut, KTD ini juga diharapkandapat menggembleng para kader GMNI agar memiliki mental yang tangguh serta peka melihat realitas kebangsaan yang ada untuk melakukan perubahan yang mendasar bagi rakyat Indonesia, menyiapkan kader yang mampu menyerap Ideologi marhaenisme sesuai dengan konteks kekinian, yang saat ini sedang hangat-hangat revolusi Industri 4.0. dengan kemajuan ini sangat diharapkan pula muncul kader-kader yang militan dalam menjunjung keutuhan NKRI, menjaga warisan budaya Nusantara serta menjauhkan dari konflik-konflik SARA dengan mengedepankan persatuan Indonesia sesuai yang tekandung dalam Pancasila atau falsafah bangsa Indonesia.

Penulis : DeDy Libas

Editor   : Fikri

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *