BURSA INOVASI DESA CLUSTER III KABUPATEN SAROLANGUN,SUKSES!

Sarolangun-Koranlibasnews.com
Dengan Tema,Desa membangun Indonesia,pergelaran Bursa inovasi Desa cluster III tahun 2019,di kecamatan pauh berjalan sukses,selasa(23/07) sekira pukul 08.00 wib hingga selesai.

Usai digelar Bursa Inovasi Desa (BID) cluster I kecamatan sarolangun-kecamatan Bathin VIII dan cluster II kecamatan Pelawan-Kecamatan singkut.

Bacaan Lainnya

Libasimg-20190723-wa0039Kali ini Bursa Inovasi Desa cluster III gabungan dari 3(tiga) Kecamatan kecamatan Pauh (13 Desa)-kecamatan Air Hitam (9 Desa),dan Kecamatan Mandiangin (28 Desa).Pergelaran berlangsung tepatnya di gedung serba guna Desa semaran kecamatan pauh.

Acara dibuka langsung oleh Bupati sarolangun H.Cek Endra,yang diwakili oleh Kepala Dinas pemberdayaan masyarakat dan Desa(DPMD) Kabupaten Sarolangun,Mulyadi,S.sos yang sekaligus merupakan ketua TIM INOVASI KABUPATEN (TIK).

Libasimg-20190723-wa0038Berbeda pada tahun 2017 dan 2019,pergelaran Bursa Inovasi Desa dilaksanakan di Kabupaten kota,pada Tahun 2019 kali ini Bursa Inovasi Desa digelar ditingkat Kecamatan atau terdiri dari gabungan beberapa Kecamatan.

Tujuan dilaksanakannya Bursa Inovasi Desa sebagai jembatan desa,mencari alternatif berbagai inovasi yang sesuai dengan potensi yang ada di desa,sehingga pembangunan di desa menjadi lebih inovatif dan efektif.
Inovasi yg ditampilkan pada bursa Cluster III ini diambil dari menu inovasi Nasional dan menu lokal.
-BURSA A (Bidang Infrastruktur)
-BURSA B (Bidang PSDM)
-BURSA C (Bidang Ekonomi Kerakyatan)

Dari ragam pilihan menu yang ditampilkan diharapkan pemerintahan desa,Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bisa mengambil salah satu dari menu bursa yang ada dan diaplikasikan kedalam RKPDES pada tahun berikutnya sesuai dengan kebutuhan desa masing masing.

Dalam sambutannya,di ingatkan kembali oleh kepala DPMD kabupaten sarolangun Mulyadi,S.Sos, para peserta yang terdiri dari Kepala desa,BPD,Tokoh masyarakat untuk lebih berinovasi dalam pembangunan didesa.
“Dengan menu yang ditampilkan di bursa inovasi Desa,agar kepala Desa nantinya,bersama masyarakat bisa lebih berinovasi dalam membangun Desa “tegas Mulyadi.

Berjalan lancar dan sukses pergelaran bursa Inovasi Desa kali ini,tentu tidak lepas dari kerja keras panitia pelaksana,yang merupakan TIM PENGELOLA INOVASI DESA (TPID) dari kecamatan pauh,air hitam dan mandiangin.
Dan tidak terlepas dukungan penuh dari Tenaga Ahli pemberdayaan Masyarakat (TAPM), Pendamping Desa(PD),Pendamping Lokal Desa(PLD), serta pemerintahan Desa Semaran dan Karang Taruna .

Turut hadir dalam acara,perwakilan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) Provinsi Jambi,KPW Provinsi,OPD terkait dan seluruh peserta lainnya.

Penulis : Pen Libas

Editor  : Fikri

BACA JUGA  Satgas TMMD 111 Kodim Sarko Gotong Royong Turunkan Pasir

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.