BUPATI SOEKIRMAN RAIH PENGHARGAAN SATYALANCANA PEMBANGUNAN (SP) DARI PRESIDEN RI

Sergai-Koranlibasnews.com
Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman Raih Penghargaan Satyalancana Pembangunan (SP) dari Presiden RI pada Acara yang digelar pada hari Sabtu (06/07/2019), yang bertempat Di Kawasan Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Banjar Baru.

Keterangan / informasi dari Bupati Sergai Ir H Soekirman yang disampaikan kepada Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Drs H Akmal, M.Si melalui WhatsApp langsung dari Kalimantan Selatan mengatakan, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman menerima tanda kehormatan Satyalancana Pembangunan (SP) bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Penghargaan tersebut diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo melalui Menteri Koordinator Bidang Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Puan Maharani pada puncak acara Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI.

Bacaan Lainnya

Libasimg-20190707-wa0019Bupati Sergai H Soekirman menerima penghargaan tersebut bersama satu orang Gubernur dan 17 Bupati/Walikota di Indonesia Di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Bupati Sergai satu-satunya kepala daerah yang menerima penghargaan tersebut, katanya.

Lanjutnya, Terkait dengan tanda kehormatan Satyalancana Pembangunan, ini merupakan penghargaan dari Presiden RI atas jasa terhadap negara dan masyarakat dalam lapangan pembangunan negara pada umumnya serta sukses dalam mendorong pembangunan pada bidang KKBPK.Libasimg-20190707-wa0019Bupati Soekirman dinilai peduli dan mempunyai komitmen dalam menyukseskan program KKBPK di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat. Adapun kegiatan program kegiatan tersebut seperti pembentukan dan pembinaan Kampung KB dan grand design pembangunan kependudukan. Termasuk dukungan terhadap program GenRe serta peningkatan SDM para kader, terangnya.

BACA JUGA  Pastikan Terapkan Prokes, Kapolres Sergai Cek Desa Orange

Dilanjutkannya, Akmal menjelaskan bahwa sebelum menerima penghargaan ini, terlebih dahulu dilakukan seleksi yang ketat dari panitia.

Sekedar informasi bahwa pada tahun 2017 lalu, Bupati Soekirman juga telah menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari BKKBN Pusat bertepatan dengan momen peringatan Harganas ke- XXIV di Provinsi Lampung, pungkasnya.

Dalam Sambutannya, Menteri Koordinator Bidang PMK Puan Maharani mengatakan, mengutarakan bahwa Harganas dimaksudkan untuk merekatkan dan memupuk semangat gotong royong bagi seluruh rakyat Indonesia yang bertujuan untuk memotivasi masyarakat agar keluarga menjadi basis kesejahteraan.

Mari kita bersama-sama mewujudkan keluarga bahagia. Harganas ini diharapkan menjadi pemersatu program antar stakeholder melalui kampung KB,” harap Puan Maharani.

Sementara itu, Sambutan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengatakan, menyampaikan peringatan Harganas mengedepankan keikutsertaan keluarga dan mencerminkan 4 pendekatan yaitu pertama keluarga berkumpul (reuniting), kedua keluarga berinteraksi (interacting), ketiga keluarga berdaya (empowering) dan keempat keluarga peduli dan berbagi (sharing n caring).

Salah satu kegiatan yang digalakkan dalam momentum Harganas XXVI tahun 2019 adalah ” Gerakan Kembali ke meja makan ” dan gerakan ” tidak melihat Media Sosial dan TV pada jam 18.00-21.00 atau gerakan 1821. Dengan maksud mulai jam 6 sore sampai jam 9 malam diinfokan anggota keluarga secara bersama-sama melakukan aktivitas yang mengarah pada nuansa kekeluargaan, ujar Hasto Wardoyo, katanya.

Sambutan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman usai menerima tanda kehormatan mengatakan, Menyampaikan rasa syukur dan penghargaan ini akan dipersembahkan untuk masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat yang telah berpartisipasi dan mendukung program pembangunan Kabupaten Sergai. Ada atau tidak ada penghargaan kami akan selalu bekerja keras memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas kepada masyarakat.

Terimakasih atas doa dan dukungan seluruh masyarakat, semoga dengan anugerah Satyalancana Pembangunan Tahun 2019 ini membawa semangat baru dan motivasi untuk lebih baik lagi, katanya.

BACA JUGA  Wali Kota Tebing Tinggi: MUI Kecamatan Mitra Strategis Camat

Dalam acara, Hadir juga dalam kegiatan, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Kepala BKKBN Pusat Hasto Wardoyo, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Ketua TP PKK Pusat Ani Tjahjo Kumolo serta kepala daerah se-Indonesia.

Sedangkan turut mendampingi Bupati Sergai H Soekirman, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Kepala BKKBN Sumut Temazaro Zega selaku lembaga pengusul SP 2019, Kadis Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Hj Irwani Jamilah, SH, M.Si yang didampingi Kepala Bidang Indriaty Susiwi beserta jajaran.

Dalam peringatan Harganas XXVI tahun 2019 dimeriahkan dengan kegiatan gelar dagang. Terdapat 170 stand pameran dari kelompok -kelompok UPPKS , UP2K-PKK, dari seluruh unsur lembaga/instansi se-Indonesia.

Kabupaten Sergai telah mengikut sertakan kelompok UPPKS ” Ibu Berkarya” Kecamatan Pantai Cermin binaan Eva Harliah yang menyajikan berbagai produk unggulan cenderamata asal Sergai.

Penulis : Markus Libas

Editor   : Fikri

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *