Bupati Sergai Hadiri Peresmian Saung Tani dan Panen Padi Organik

Sergai,koranlibasnews.com
Acara Peresmian Saung Tani dan Panen Padi Organik Kelompok Tani Maju Jaya, yang diselenggarakan pada hari Kamis, 7 Februari 2019, kemarin.

Acara bertempat Dusun VI Desa Pulau Gambar Kecamatan Serba Jadi Kab. Serdang Bedagai ( Sergai)

Bacaan Lainnya

Ketua Gapoktan Desa Pulau Gambar Prianto dalam sambutannya mengatakan, Selamat datang kepada Bupati Sergai Ir H Soekirman. Disini kami memiliki 16 klompok Tani, Kelompok Tani di Desa ini semua menangani tanaman sayur-sayuran dan pangan lainnya serta ternak yang tersebar di setiap dusunnya, paparnya.

Lanjutnya, Selain masalah pangan, kami juga ingin mengembangkan agro wisata Desa Pulau Gambar yang kami yakini akan dapat memajukan prekonomian masyarakat khususnya masyarakat Desa Pulau Gambar, terangnya.

Bupati Sergai Ir H Soekirman dalam sambutannya mengatakan, Kelompok ini jika di lihat tampilannya alhamdulilah cukup baik, kita patut bersyukur hari ini merupakan panen percobaan padi organik, walaupun belum mendapat sertifikat organik namun ini merupakan upaya yang cukup baik dalam melestarikan lingkungan dan meningkatkan pola hidup sehat, terangnya.

Lanjut Bupati, Pola hidup sehat salah satunya dengan mengkonsumsi beras organik, dalam kandungan beras organik tidak terdapat pestisida kimia yang membahanyakan konsumen, jika di konsumsi berkepanjangan pestisida kimia akan merusak organ tubuh manusia, paparnya.

Masih bupati, Mengingat soal Irigasi, pada tahun 1998 hingga 2000 terjadi reformasi yang membuat oknum-oknum menambang pasir dengan sesuka hati di Sei Ular, yang mengakibatkan banyak saluran irigasi masyarakat menjadi kekurangan air, lahan pertanian padi milik masyarakat menjadi kekeringan, katanya.

BACA JUGA  Viral,, Kantor Afd V PT PN III Kebun Sarang Giting Tak Kibarkan Bendera Negara Republik Indonesia (Merah Putih) Lebih Dari Sebulan'Berturut-turut'

Dengan terjadinya hal tersebut membuat masyarakat maupun kelompok tani menjadi marah sehingga mereka menggelar demo di depan Kantor Bupati. Hal ini menyebabkan jalan menjadi terhambat dan beberapa alat berat menjadi korban amukan masa, terangnya.

Saat ini sawah milik masyarakat telah telah mendapat saluran air dari irigasi dengan baik, pemerintah kini telah membangun irigasi sawah, sebab program utama pemerintah adalah pangan, pangan merupakan hal yang utama.

Terkait dengan agro wisata desa, jika Desa Pulau Gambar ingin menjadi desa wisata sehingga harus terasa aman dan nyaman dan membuat wisatawan tertarik datang dan berkunjung. Selain itu desa juga harus rajin memasarkan potensi yang dimiliki oleh desa yang pantas untuk di kembangkan, paparnya.

Lanjut bupati, Dilain hal, desa juga harus membuat transportasi yang baik, akomodasi yang aman dan nyaman, konsumsi yang bersih dan atraksi yang menarik apa yang akan dilakukan wisatawan selama berkunjung ke desa ini, jelas bupati.

Acara di hadiri, Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman, Kepala Dinas Pertanian Sergai, Camat Serba Jadi, Kades, Ketua Gapoktan beserta para anggotanya.

Penulis : Markus S

Editor   : Fikri

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *