Bupati Pesisir Barat Menghadiri Acara Temu Lapangan Tunggal Perdana PadI Ladang Dan Pengukuhan (KTNA)

Pesisir barat-Koranlibasnews.com Bupati Pesisir Barat Dr.Drs.Agus Istiqlal,SH.,MH menghadiri acara temu lapang tugal perdana padi ladang dan pengukuhan pengurus kontak tani nelayan andalan (KTNA) kabupaten pesisir barat tahun 2019 bertempat di pekon kuta marga kecamatan bangkunat, kamis (21/11).

libasIMG-20191121-WA0007

Bacaan Lainnya

Dalam Sambutannya Bupati menyampaikan pembangunan pertanian tanaman pangan mempunyai peranan penting dalam rangka mewujudkan stabilitas nasional,sehingga harus dilanjutkan secara berkesinambungan.

dalam pelaksanaanya terutama di lapangan, kita selalu saja dihadapkan pada permasalahan klasik, untuk itu diperlukan kesamaan persepsi, keterpaduan teknologi dan sinkronisasi teknis program / kegiatan dalam rangka pembangunan pertanian kearah yang lebih baik.

libasIMG-20191121-WA0010

stabilitas nasional erat kaitannya dengan kecukupan dan ketersediaan pangan bagi seluruh masyarakat, demikian juga di kabupaten pesisir barat.

pemerintah berupaya semaksimal mungkin untuk menjamin ketersedian pangan tersebut dengan jalan meningkatkan produksi hasil – hasil pertanian terutama padi.

libasIMG-20191121-WA0008pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling hakiki, oleh karena itu kebutuhan pangan disuatu daerah mutlak harus dipenuhi.

selanjutnya dalam rencana kerja pemerintah, ketahanan pangan termasuk salah satu prioritas mengingat jumlah penduduk semakin meningkat yang dibarengi dengan kebutuhan pangan yang semakin meningkat pula, sementara ketersedian lahan terutama lahan sawah semakin sempit yaitu dengan adanya alih fungsi lahan.

dalam menghadapi tantangan ketahanan pangan tersebut diperlukan kesamaan persepsi, keterpaduan teknologi dan sinkronisasi dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan.

Selanjutnya dalam rangka meningkatkan produktifitas hasil pertanian, pemerintah kabupaten pesisir barat juga menggulirkan program pertanian yaitu :

1.pembangunan pintu air, dam parit, long storage, embung dan rehab jaringan irigasi.

libasIMG-20191121-WA0011

2. bantuan alat dan mesin pertanian baik pra panen maupun pasca panen.

3. bantuan benih dan pupuk bersubsidi untuk tanaman pangan ( padi, jagung dan kedelai).

4. bantuan sarana pengendalian organisme pengganggu tanaman (opt).

5. bantuan benih dan bibit tanaman hortikultura.

6. bantuan bibit tanaman kelapa dalam dan tembakau.

7. bantuan bibit ternak ruminansia dan penetapan sapi krui sebagai varietas unggul kabupaten pesisir barat.

8. asuransi bagi usaha tani padi dan ternak sapi.

9. bantuan operasional bagi penyuluh pertanian kabupaten pesisir barat.

Selain itu Bupati juga menyerahkan Bantuan Padi 11.934 Ha, Bantuan Jagung 1.950 Ha, Corn Sheller 4 unit, Power Threser 15 unit dan Ternak Kambing beserta Kandang l.

Pada acara tersebut turut hadir Anggota DPRD Pesisir Barat, Anggota Forkopimda, Kabid Tanaman Pangan Provinsi Lampung, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan Provinsi Lampung, para petani dan masyarakat setempat.

Penulis : HumasKPB

Editor   : Fikri

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90
BACA JUGA  Selain dorongan Masyarakat,Calon Kades Eti Safitri,Usung Visi-Misi Wujudkan Desa Bakauheni Berbudaya Menuju Masyarakat Yang Mandiri

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *