Bupati Bersama Wabup Resmikan Wisata Tambuh Raya Idaman

Lumajang-koranlibasnews.com Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML., bersama Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, MSi., meresmikan obyek wisata baru, “Taman Wisata Tambuh Raya Idaman,” Desa Condro, Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang.

Peresmian itu, dilakukan dalam acara puncak Peringtan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2019 yang digelar di Desa Condro, Kecamatan Pasirian, Rabu siang (07/8/2019).

Bacaan Lainnya

Libasimg-20190807-wa0036Kini Obyek wisata yang berada di Kaki Gunung Tambuh Pasirian itu, menambah jumlah daftar tempat wisata yang ada di Kabupaten Lumajang Bahkan mau memasuki obyek wisata tersebut.

cuaca sudah membuat para pengunjung merasa nyaman dengan pemandangan pepohonan dengan dedaunan yang hijau dengan disertai desiran angin ada sedangkan didalamnya tempat bermain untuk anak-anak, disamping dapat menikmati panorama alam di sekitar “Gua Jepang”, yaitu peninggalan masa penjajahan jepang.

Posisi Gua Jepang, berada disisi Timur Gunung Tambuh. Bupati Lumajang Thoriqul Haq M.ML dalam kata sambutannya, mengapresiasi langkah Pemerintah Desa, yang mengubah Tanah Kas Desa (TKD) menjadi tempat wisata. Ini, kata Bupati, tentunya ini akan mendongkrak dan meningkatkan perekonomian desa, khususnya untuk masyarakat sekitar Desa Condro Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

Disisi lain “Tempat wisata ini akan menambah tempat wisata yang ada di Kabupaten Lumajang, banyak potensi yang perlu digali untuk dikembangkan,” ujarnya. Sementara itu, Kepala Desa Condro, Supirno, mengungkapkan, tempat wisata Tambuh Raya Idaman, Desa Condro, dibangun di atas lahan tanah kas desa seluas 4 hektar lebih. Lahan tersebut awalnya merupakan sawah tadah hujan, sehingga produktifitasnya rendah.

Pemerintah Desa Condro melakukan alih fungsi lahan menjadi tempat wisata. Diharapkan, itu akan mampu meningkatkan pendapatan asli desa. Kepala Desa Condro, Supirno S.Sos saat dikonfirmasi awak media dikantornya mengatakan bahwa saat ini Desa Condro memiliki destinasi wisata yang sudah di akui secara sah oleh Pemerintah maupun masyarakat sebagai obyek wisata dengan panorama yang indah, ” Saya berharap sekali dengan di bukanya obyek wisata di Desa ini akan mendorong laju perekonomian rakyat , khususnya warga Desa Condro karena dengan adanya tujuan wisata di Desa ini akan mampu mempromosikan semua sektor sektor ekonomi yang ada disini, baik itu dari kerajinan, pertaanian, dan budaya “, ungkapnya.

Ditemui terpisah di kediamanya Supirno menerangkan “bahwa potensi obyek wisata yag ada di desa Condro ini di harapkan bisa menjadi icon destinasi wisata kedepanya,sehingga nantinya dapat menunjang dalam pengembangan program ekonomi di desa kami yang lainya, dari mulai hasil kerajinan seperti souvenir atau oleh oleh khas desa, ataupun  pertanian, dan yang lainya , kita yakin tempat wisata ini akan banyak menarik wisatawan untuk datang berkunjung nantinya dengan banyaknya pengunjung maka otomatis hasil kerajinan masyarakat disini pun akan ikut terdongkrak dan akan menjadikan perekonomian di sekitar wisata khususnya akan berkembang umumnya untuk semua warga desa,” kata Kades Pirno kepada awak media.

Penulis : Kar Libas

Editor   : Fikri

BACA JUGA  Bupati Lepas 1022 CJH Di Pendopo Aria Wiraraja Kabupaten Lumajang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.