Bertambah 1 Lagi, Warga Sergai Positif Covid-19 Jadi 5 Orang

Sei Rampah-Koranlibasnews.com
Setelah sebelumnya 4 orang warga Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dinyatakan positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), jumlah korban kini kembali bertambah.

Saat ditemui di Posko Gugus Tugas, di Sei Rampah, Rabu (03/06/2020) petang, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Sergai, Drs. H. Akmal, AP, M.Si, menginformasikan jika hari ini seorang pria warga Kecamatan Perbaungan berinisial B (29 thn) dinyatakan terjangkit Covid-19 sesuai dengan hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR) yang diinformasikan oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes.

Bacaan Lainnya

“B ini menetap dan bekerja di Medan. Dari kronologisnya, pada tanggal 20-21 Mei, korban merasa seperti masuk angin dan demam. Lalu esoknya tanggal 22, karena yang bersangkutan merasa sudah baikan, ia pulang ke kediamannya di Perbaungan. Namun tanggal 24 Mei, ia kembali mengeluhkan sesak nafas dan memutuskan pergi ke RS Melati Perbaungan untuk berobat. Oleh pihak RS Melati, dianjurkan tindakan rontgen, akan tetapi dikarenakan saat itu hari libur Lebaran, korban disarankan datang keesokan harinya untuk memeriksakan diri sekaligus ikut rapid test. Tanggal 25, ia menjalani rapid test dan hasilnya reaktif sehingga ditetapkan sebagai ODP,” terang Akmal.

Akmal melanjutkan, informasi tersebut lalu diteruskan ke Kadis Kesehatan dan kemudian dilakukan pengambilan sampel swab yang dilaksanakan oleh tim dari Puskesmas Melati yang terdiri dari Dokter Analis, Petugas Surveilans Puskesmas serta Bidan Desa.

“Preparat atau sampel swab segera ditransfer ke RSU USU untuk ditindaklanjuti dan korban lalu diarahkan untuk menjalankan isolasi mandiri, hingga akhirnya hari ini rilis hasil tes menyatakan B positif Covid,” ungkapnya.

Selain itu, Akmal menyebut jika Ibu korban berinisial B juga sudah menjalani prosedur PCR test dan hasilnya negatif

” Merespons kejadian ini, Tim Gugus Tugas melalui Dinas Kesehatan melaksanakan serangkaian prosedur preventif sesuai dengan mekanisme yang berlaku untuk memastikan tidak ada penyebaran virus terkhusus di sekitaran kediaman korban B. Saat ini korban dengan inisial B tersebut telah dirawat isolasi di RS GL Tobing Tanjung Merawa Medan. Kepada warga Sergai kami tetap mengimbau agar secara disiplin menjalankan protokol kesehatan. Kesungguhan kita menentukan keberhasilan bersama menyelesaikan tantangan pandemi ini,” pungkasnya.

Hasil Pemeriksaan ASN Pemkab Sergai Negatif

Sebelumnya, puluhan ASN Pemkab Sergai yang melakukan serangkaian pemeriksaan baik rapid test maupun Swab, kini dinyatakan negatif berdasarkan surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara nomor 443.33/ 6922.1/DINKES/VI/2020, atas hasil pemeriksaan dari Laboratorium Klinik Terpadu RS USU.

Pemeriksaan terhadap puluhan ASN ini dilakukan karena yang bersangkutan sebelumnya telah melakukan kontak dengan ASN LA (50) yang terlebih dahulu dinyatakan positif Covid-19.

” Alhamdulillah, dari pemeriksaan puluhan ASN Pemkab Sergai hasilnya negatif. Kita harus tetap waspada dan selalu menjalankan protokol kesehatan, ” ujar Jubir Gugus Tugas H. Akmal.

Penulis : Markus libas

Editor : Fikri

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90
BACA JUGA  DPRD Sepakati KUA Dan PPAS, Wabup Sergai Sampaikan Apresiasi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *