Bersama Tenaga Ahli PMD & DPRD, PNNB Eks.Barteng Gelar Dialog Publik.

Padang Lawas-Koranlibasnews.com
Acara dilaksanakan pada Hari Selasa 31 Desember 2019 Aula Cafe Rahmad jaya.jln lintas binaga-g.tua

Refleksi Penghujung Tahun 2019,
Naposo-Nauli Bulung Eks Barumun Tengah menggelar acara dialog publick di Aula Cafe Rahmad Jaya Jalan Lintas Binnga-Gunung Tua dengan konsep pembangunan Padang Lawas, Selasa 31 Desesember 2019.

Bacaan Lainnya

Acara tersebut dihadiri para Naposo-Nauli Bulung mewakili dari Desa se Kecamatan Eks.Barumun tengah kabupaten Padang Lawas.

Darwis Hasibuan,STP Selaku tenaga ahli pemberdayaan masyarakat Desa Kabupaten Padang Lawas sengaja di undang sebagai Pemateri dalam acara tersebut.dan juga  Elfin Hamonangan,S.Sos Sekretaris Komisi C DPRD Kabupaten Padang Lawas.

LibasIMG-20200101-WA0003

Parulian Hanapi Siregar ketua Umum PNNB Eks Barumun Tengah
Dalam sambutannya menyampaikan “kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan dan menyadarkan para Naposo-Nauli Bulung di Desa, kita punya posisi strategis dalam pembangunan daerah, mari kita mulai berperan dari Desa karna mebangunan Daerah itu bukan hanya kaupaten saja.

Melainkan kita ikut berperan memberikan ide (gagasan) dan tindakan yang dapat meningkatkan pembangunan Desa khusunya menciptakan Sumber Daya manusianya.” Papar parulian.

Darwis Hasibuan dalam pemaparan materinya menjelaskan “Peran Naposo Nauli Bulung (NNB) dalam pembangunan Padang Lawas harusnya lebih di fokuskan pada pembangunan manusia itu sendiri.” Ujar Darwis.

Dia juga menjelaskan NNB sebagai organisasi yg sifatnya kearifan lokal (kedaerahan), dimana setiap Desa yg ada di Padang Lawas pasti sudah memiliki persatuan (NNB). Namun selama ini tidak terorganisir dengan baik. Sedangkan untuk mencapai suatu tujuan organisasi, perlu adanya perencanaan dan manajemen yg baik.

Jika NNB sudah punya perencanaan yg jelas, harusnya dapat berperan dalam pembangunan manusia yg di mulai dari Desa. Untuk itu dalam setiap perencanaan pembangunan desa yg di rumuskan dalam musyawarah desa, NNB diharapkan menyampaikan apa yg akan menjadi kegiatannya dalam musyawarah Desa (Musdes) tersebut agar nantinya anggarannya dapat di tampung dalam APBDes.” Ungkapnya.

“Dan yg paling penting setiap kegiatan yg di gagas oleh NNB hrs lah berorientasi pada peningkatan kapasitas SDM.
Jikalau kapasitas SDM meningkat, akan dapat memberikan kontribusi Kepada pembangunan Daerah baik itu bentuk pengurangan pengangguran, maupun juga peningkatan sektor Ekonomi. bahkan bisa menciptan Pendapatan Asli Desa.” Pungkas Darwis.

Elfin Hamonngan S.Sos Menghimbau para peserta Dialog Publick agar pemuda harus memberikan sumbangsih dalam pembangunan daerah, artinya apa? para pemuda harus menjadi penggerak dikalangan masyarakat Desa Naposo-Nauli Bulung itu RUH nya Didesa.
Apa progaram anak muda yg menunjang pembangunan daerah kita akan membantu itu, utamanya pemuda khusunya Naposo-Nauli Bulung harus bisa mempunya Usaha Ekonomi Produktif.” Papar Elfin.

Dia juga menambahkan “Jika itu sudah terlaksana dampaknya kan terlihat pada berapa banyaknya Pemuda Pemudi yang terbantu dalam mendapatkan pekerjaan. intinya mari ciptakan gagasan yang positif aebagai penunjang pembangunan Padang lawas khusunya pembangunan sumber daya manusianya dan tidak terlepas pembangunan infrastruktur juga jika ada layak dibenahi buat konsep yang jelas ajukan kepihak terkait kita selaku anggota Dawan siap mengawalnya di meja Paripurna.”Pungkasnya.

Penulis : Hasibuan Libas

Editor   : Fikri

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90
BACA JUGA  ACARA PENUTUPAN GSI TINGKAT SMP TAHUN 2019 DIHADIRI BUPATI SOEKIRMAN

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *