Begini Tanggapan Para Pengamat Politik Soal Caleg Incumbent Minim Kontribusi.

JAMBI,- Koranlibasnews.com Sejumlah anggota DPR RI Jambi, nyaris kembali ambil bagian dalam Legislatif yang hanya tinggal beberapa hari lagi, bakal berlangsung. Pertanyaanya, apakah sejumlah Caleg Incumbent yang tak lain wakil rakyat Jambi tersebut, masih layak kembali di ilih 17 April 2019 mendatang? Atau tidak?

Lalu bagaimana tanggapan para pengamat politik Jambi, terkait kontribusi para In-cumbent tersebut selama duduk disenayan? Jafar Ahmad Direktur Idea Institute yang juga pengamat politik Jambi ini saat dibincangi mengaku, terkait apakah layak atau tidak para Incumbent tersebut dipilih kembali atau tidak, tentu secara demokrasi itu haknya rakyat. “ Namun jika bicara apakah mereka para incumbent tersebut, berkontribusi banyak terhadap daerah saat mereka duduk atau tidak, persoalan ini yang tidak ada tolak ukur-nya.

Bacaan Lainnya

“Salah satu faktornya, tentu minim-nya informasi yang didapat warga, terkait apa saja yang sudah dilakukan caleg Incumbent tersebut saat mereka menjadi wakil rakyat ditingkat pusat,” Kata Jafar Ahmad, baru – baru ini. Misal tambah Jafar, para senator yang kembali bertarung tersebut, memiliki website tersendiri,sehingga masyarakat secara umum, bisa mengakses berbagai informasi sang Caleg, termasuk apa saja yang sudah dilakukan wakil-nya di pusat terhadap daerah pemilihanya.

” Itu masalahnya, makanya para Incumbent yang kembali akan bertarung, ada baiknya memberikan informasi terhadap masyarakat, terkait sapa saja yang sudah dilakukan-nya selama menjadi wakil rakyat Jambi. Bukan malah kembali mengumbar janji yang tak jelas ujungnya,” Tukasnya.

BACA JUGA  Tiga Pilar Kebon Jeruk Gelar Ops Yustisi di Jalan Panjang

Tak berbeda jauh, M Farisi yang tak lain Dosen Fisipol Universitas Jambi (Unja), dan juga ketua Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (KOPIPEDE) Jambi ini, juga menyatakan hal yang sama. Menurut-nya memang sejauh ini, tidak ada tolak ukur yang pasti, apakah para Caleg Incumbent sudah berkontribusi banyak terhadap daerah-nya selama duduk disenayan, atau tidak.

“Sehingga saat mereka kembali akan bertarung, tentu saja mereka wajib menyampaikan apa saja yang sudah diperbuat terhadap daerah-nya, lima tahun yang lalu. Karena saat mereka duduk, kerja mereka kan secara kolektif. “ Dan disana lah masyarakat harus cerdas menyimpulkan. Artinya, jika Caleg Incumbent tersebut minim kontribusi terhadap daerahnya, tentu tak perlu dipilih lagi lah, dan beri kesempatan terhadap Caleg baru yang memiliki visi dan misi yang jelas, ” Tegas M Farisi.

Terpisah Nando Firdaus yang tak lain Caleg DPR RI Jambi, dari Partai Perindo sepakat, dengan peryataan dua pengamat politik Jambi tersebut.“ Saya pikir apa yang disampaikan para pengamat politik tersebut, sudah tak salah lagi. Untuk apa memilih kembali para Caleg Incumbent yang sudah kita berikan kesempatan lima tahun di senayan, namun minim kontribusi terhadap daerah,’ Tutur Nando.

Penulis : Edo libas

Editor   : Fikri

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *