Badan pengawas Obat Dan Makanan(BPOM)Sosialisasikan GKPD Gerakan Keamanan Pangan Desa

Lampung utara-Koranlibasnews.com Dalam menjaga dan mengawasi peredaran obat dan makanan bagi masyarakat(BPOM) badan pengawas obat dan makanan meluncurkan program,Gerakan keamanan pangan Desa,kegiatan sosialisasi Bimtek ini di laksanakan selama 2 hari bertempat di desa Wonomarto kecamatan kotabumi utara kabupaten lampung utara, selasa(02/07/2919).

Dalam kegiatan bimtek GKPD ini di pandu langsung oleh tim dari BPOM provinsi Lampung yang berjumlah 5 orang tenaga ahli di bidangnya masing-masing yang tim Bpom Lampung.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini di hadiri para penggiat kesehatan di desa-desa sepert bidan desa, penggiat Pkk,kader Posyandu,para pedagang warung dan masyarakat desa terutama kaum ibu.

Sosialisasi ini guna memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi warga terutama kaum ibu,betapa pentingnya pemahaman tentang makanan yang layak dan sehat untuk di konsumsi baik dari pengolahan, bahan yang di gunakan serta dal pengemasan yang berstandar makanan sehat, dengan harapan masyarakat sadar akan keamanan pangan demi kesehatan keluarga dan lingkunganya.

Seperti di jelaskan” Nurhayati Msi, fungsionaris ahli madya Bpom dalam arahanya kepada peserta”makanan yang layak di konsumsi bukan tercukupi protein vitamin dan karbohidrat saja, tetapi juga harus terjamin mutu dan keamananya, terlebih makanan siap saji seperti makanan dalam kemasan, kita harus teliti dan selektif dalam melihat baik kandunganya,produsenya, baik dari nomor registrasi dan masa kadaluarsa(expayer) makanan tersebut demi terjaminya keamanan dan kesehatan,terangnya.

“Saat ini hampir semua makanan siap saji mudah kita dapatkan baik di warung dan toko-toko dengan harga yang cukup terjangkau,sehingga masyarakat terkadang lalai dalam memilih dan kurang teliti dalam membeli makanan yang layak untuk di konsumsi, yang berakibat rentan terhadap penyakit,apa lagi makanan yang di jajakan pedagang di sekolah-sekolah,rentan dan sering terjadi makanan yang di jajakan kurang terjamin, baik kebersihan dan keamananya,jelasnya lagi.

BACA JUGA  Pekerjaan Program Kotaku Kelurahan Tanjung Harapan Diduga Menjadi Syarat Korupsi Oknum Ketua LKM

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari kepala desa setempat”Waskito yusika,mengatakan”kami sangat berterima kasih kepada Bpom yang telah memberikan pemahaman dan bimbingan kepada warga kami,tentang keamanan pangan dalam pola menuju generasi yang sehat,tutupnya.

Di tempat yang sama”Okta,ibu rumah tangga yang menjadi peserta bimtek,menjelaskan”saya sangat senang bisa mendapatkan pengetahuan tentang makanan dan pola menuju hidup sehat dari sosialisasi ini yang bermanfaat bagi kami semua terutama kaum ibu,ungkapnya tersenyum

Penulis : Diki Libas

Editor   : Fikri

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.