Aset Seluma Senilai 21 Miliar Tak Diketahui Wujud Dan Keberadaannya

Seluma-Koranlibasnews.com Dari hasil Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2018, masih banyak temuan pada aset milik Pemkab Seluma yang tak diketahui wujud dan keberadaannya. Tidak tanggung-tanggung temuan tersebut bernilai Rp21 miliar.

Seperti aset di Dinas Kesehatan (Dinkes) sebesar Rp17 miliar dan Rp4 miliar di RSUD Tais. Wakil Bupati Seluma Suparto menyampaikan, pihaknya telah memanggil 12 OPD yang terdapat temuan berdasarkan LHP BPK. “Atas temuan aset, kita masih menunggu komitmen dari Kepala OPD untuk menindaklanjuti, agar tahun 2020 mendatang bisa meraih WTP,” sampainya, Selasa, 26 November 2019.

Bacaan Lainnya

libasIMG-20191127-WA0010

Sementara itu, Kabid Aset BPKD Seluma Erwin Alfarid menjelaskan, dari 12 OPD yang terdapat temuan, Dinkes adalah salah satunya.

Di mana aset berupa peralatan kesehatan senilai Rp17 miliar, dan mesin sebanyak 48 unit senilai Rp5,7 miliar tidak dapat ditelusuri keberadaannya.

Kemudian kendaraan bermotor sebanyak 69 unit senilai Rp5,2 miliar yang beradal dari APBN dan APBD Provinsi Bengkulu. Serta asumsi penyusutan aset tetap yang juga tidak dapat ditelusuri dan tidak dapat diyakini kewajarannya untuk alkes senilai Rp284 juta dan Rp7,2 miliar. “Khusus di Dinas Kesehatan ini berupa surat-menyurat atas hibah aset bergeraknya tidak ada dan kendaraannya masih ada, serta mesin tidak bisa ditelusuri lagi keberadaannya,” jelas Erwin.

Lanjutnya, dengan pencatatan inilah OPD dituntut bisa membenahi pencatatan aset mereka.

Begitu juga pada aset alat kesehatan di RSUD Tais senilai Rp4 miliar yang tidak diketahui dan tercatat keberadaannya, termasuk temuan aset tanah dan di Bidang Tapem. “Besar harapan 10 OPD lainnya bisa membenahi dan melaporkan progres dari inventaris aset, jangan sampai disidik oleh Kepolisian,” pungkasnya

Penulis : Jul Libas

Editor   : Fikri

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90
BACA JUGA  Camat Seluma Monitoring Pembangunan Kelurahan Lubuk Kebur

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *