Arab Saudi cegah virus corona covid 19 hentikan sementara penerimaan jemaah umrah

www.koranlibasnews.com – Wabah virus Corona telah menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia, demi mencegahnya penularan saat ini Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara kedatangan jemaah umrah dari jumlah negara.
Penghentian sementara ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona di negara tersebut.
Kementerian Luar negeri Arab Saudi menyatakan bahwa Otoritas Kesehatan Saudi mengikuti perkembangan terkait penyebaran virus Corona yang kini juga telah menjangkit negara tetangga di Timur Tengah seperti Kuwait,Bahrain dan Oman .
(27/02/2020) disadur dari Arab News dan Kantor Berita SPA.

IMG-20200227-WA0012Atas dasar itu ,Arab Saudi merasa perlu mengambil tindakan pencegahan yang dampaknya mempengaruhi perjalanan menuju dan keluar negara Teluk tersebut.
Kerajaan Arab Saudi berupaya memerangi penyebaran virus Corona dengan menerapkan Standar Internasional serta mendukung Komunita Internasional dalam mencegah penyebaran virus , terutama Organisasi Kesehatan Dunia *( WHO )*.
Untuk mencapai tujuan tersebut dan memastikan tingkat keamanan tertinggi bagi warga Saudi, Kementerian Luarnegeri Arab Saudi merekomendasikan tindakan pencegahan melalui beberapa penerapan dan kebijakan, seperti :

– izin keluar masuk pelaksanaan umrah atau ziarah ke Masjid Nabawi Madinah di hentikan sementara.

– penggunaan visa turis dari negara negara yang terkena wabah virus Corona dengan kriteria yang ditetapkan oleh Otoritas Kesehatan Saudi Arabia di hentikan sementara.

– Penggunaan Kartu Identitas Nasional ( bukan Paspor ) untuk perjalanan ke atau dari Kerajaan di hentikan sementara.
Dengan pengecualian di berikan warga lokal yang meninggalkan Arab Saudi menggunakan Kartu Identitas Nasional atau warga negara Dewan Kerjasama Teluk yang ingin kembali dari Arab Saudi dengan menunjukkan Kartu Identitas mereka.

IMG-20200227-WA0011Sementara ini pihak berwenang akan pertimbangkan bagi warga pemegang Kartu Identitas Nasional yang ingin masuk, Arab Saudi akan memantau dan memverifikasi individu tersebut berasal serta riwayat perjalanannya.
Pemerintah Arab Saudi mengambil langkah pencegahan virus Corona Covid 19 yang bersifat sementara dan terus akan di evaluasi selanjutnya.
Berikut negara negara yang sementara waktu ini di cegah memasuki ke Arab Saudi, yakni :
China,Iran ,Irak,Italia,Korea Selatan,Jepang,Thailand,Malaysia,Indonesia,Pakistan,India,Afganistan,Filiphina,Singapura,Lebanon,Suriah,Yaman,Azerbaijan,Uzbeskistan,Somalia,Vietnam.

BACA JUGA  Selamat dari Gempa dan Tsunami Palu

Sekitar 7 juta jamaah umrah yang masuk ke Saudi, ke Makkah dan Madinah setiap tahunnya kebanyakan masuk melalui Madinah dan Jeddah.
Dengan diperketatnya pintu pintu masuk di Saudi baik jalur darat maupun Bandara, Otoritas kesehatan Saudi sudah sejak hari senin (24/02/2020) memverifikasi negara asal pendatang dan akan kemana melakukan perjalanan guna terhindar dari wabah penyebaran virus Corona Covid 19.

Kontributor: Soni/ Sarif/ Zulfan Flora

LIBAS GROUP banner 728x120 banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *