AMPHIBI Bersama KLHK Go To Padang,” Aksi Bersih Lanjutan Danau Singkarak Part II”

Sumbar-Koranlibasnews.com Lembaga Lingkungan Hidup Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan B3 Indonesia (AMPHIBI) bersama Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Aksi Lanjutan Bersih Danau Singkarak Part II yang dimana sebelumnya telah di lakukan Aksi I yang di selenggarakan pada tanggal 14 Juli 2019, “Kendalikan Sampah Plastik.

libasIMG-20191026-WA0025Lembaga AMPHIBI Bersama KLHK dan Pemerintah setempat sangat mengapresiasi atas peran komunitas warga sekitar dalam aksi bersih dan pengelolaan serta lanjut pelestarian Danau Singkarak Provinsi Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

Ketua Umum AMPHIBI Agus Salim Tanjung,So,Si mengatakan bahwa Lembaga Lingkungan Hidup AMPHIBI akan selalu siap Kerja Nyata dalam Aksi Bersih sesuai dengan visi dan misi menghadirkan Solusi dalam Perbaikan Lingkungan Hidup di NKRI.

Dewan Pimpinan Wilayah dan Dewan Pimpinan Daerah di Provinsi Sumatera Barat sudah terbentuk dan sedang mengkonsep tentang Perbaikan Lingkungan khususnya lingkup Lingkungan Hidup di Sumatera Barat,semoga masyarakat dapat terbantu dengan adanya Lembaga Lingkungan Hidup AMPHIBI yang dimana,”Dari Masyarakat,Oleh Masyarakat,Untuk Masyarakat kembali ke Masyarakat”,Ujar Agus Salim Tanjung di Aula Kecamatan X Koto Singkarak,Kamis (26/10/2019).

 Ditempat bersamaan Kepala Subdirektorat Komunitas Penyelamat Sumber Daya Alam Direktorat Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wati Umirusyianawati mengatakan,ini adalah langkah positif karena komunitas dan kelompok masyarakat di danau singkarak mempunyai niat dan kemauan yang mulia untuk mengelolah kawasan Danau Singkarak dan harus kita dukung.

Tambahnya, keadaan kondisi Lingkungan sekitar Danau sangat berpengaruh dari perilaku dari warga sekitar perilaku warga sekitar danau.

Limbah di Danau Singkarak sebagian besar merupakan limbah Rumah tangga warga yang tinggal di sekitar Danau.Sementara pemerintah kemampuannya terbatas dalam melakukan pengawasan. Kondisi yang demikian kita sangat memerlukan bantuan dari berbagai kalangan seperti Lembaga Lingkungan salah satunya AMPHIBI sebagai membantu ikut aksi dan memgawasi,Awak Media dan terpenting peran komunitas warga sekitar dalam menjaga dan melestarikan Danau agar Bersih dan menjadi Icon khususnya di Sumatera Barat.

Pemerintah pusat hingga Daerah berperan dalam memberikan pembinaan, pelatihan, dan pemahaman kepada komunitas warga di sekitar Danau serta membantu komunitas bangun jaringan dengan perusahaan sehingga kedepan di mana segala program yang direncanakan bisa berjalan maksimal.

Disamping itu,Ketua Badan Pengelola Kawasan Danau Singkarak Berbasis Nagari Jasman Mengatakan bahwa Rencana kerja pengelolaan lingkungan Danau Singkarak telah di susun dan segera di laksanakan,dimana rencana pengelolaan Danau meliputi pengelolaan sampah melalui bank sampah, yang diharapkan bisa menarik partisipasi warga dengan penukaran sampah dengan uang dimana melalui kerjasama melalui Bank Nagari.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Barat Siti Aisyah di saat bersamaan juga mengatakan bahwa pemerintah mendukung penuh semua program aksi untuk Menjaga dan Melestarikan lingkungan Danau Singkarak.

Penulis : Noven Libas

Editor   : Fikri

BACA JUGA  Dandim 0420/Sarko Hadiri Upacara Ziarah Nasional Hari Pahlawan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.